-

Sunday, December 06, 2009

Rumah Sakit

RS Advent
Jl. Cihampelas No 161, Bandung
Telp. (022) 2034386

RS Al Islam
Jl. Soekarno Hatta No 644, Bandung
Telp. (022) 7565588

RS Bersalin Astana Anyar
Jl. Astana Anyar No 224, Bandung
Telp. (022) 5201139

RS Bersalin Emma Poeradiredja
Jl. Sumatera No 46-48, Bandung
Telp. (022) 4206544

RS Bersalin Limijati
Jl. Laks L. RE Martadinata No 39
Telp. (022) 4207770, Bandung

RS Ibu dan Anak Sukajadi
Jl. Sukajadi No 149, Bandung
Telp. (022) 2032941

RS Ibu dan Anak Hermina Pasteur
Jl. Dr Djundjunan No 107, Bandung
Telp. (022) 6072525

RS Santo Borromeus
Jl. Ir. H. Juanda No 100, Bandung
Telp. 2552000

RS Bhayangkara Sartika Asih
Jl. Moh Toha No 369, Bandung
Telp. 5229544

RS Bina Sehat
Jl. Raya Dayeuhkolot No 325, Bandung
Telp. (022) 5207965

RS Cikalongwetan
Jl. Cikalong Wetan, Bandung
Telp. (022) 6970893

RS Dr Salamun
Jl. Ciumbuleuit No 203, Bandung
Telp. (022) 2034941

RS Dustira
Jl. Rumah Sakit 1, Cimahi
Telp. (022) 6652156

RS Ginjal Ny RA Habibie
Jl. Tubagus Ismail No 46, Bandung
Telp. (022) 2501985

RS Immanuel
Jl. Kopo No 161, Bandung
Telp. (022) 5201656

RS Islam Al Ihsan
Jl. Kiastramanggala Kabupaten Bandung
Telp. (022) 5940872

RS Jiwa Hurip Waluya
Jl. Karang Tineung Dalam 1-A, Bandung
Telp. (022) 2038892

RS Jiwa Pusat Cimahi
Jl. Kol Masturi Km 7, Cimahi
Telp. (022) 2700260

RS Karwadi
Komplek Padasuka Indah BI B/03, Bandung
Telp. (022) 6642942

RS Kebonjati
Jl. Kebonjati No 152, Bandung
Telp. (022) 6014058

RS Lanud Sulaiman
Jl. Terusan Kopo, Bandung
Telp. (022) 5409608

RS Limijati
Jl. Imam Bonjol No 38, Bandung
Telp. (022) 4237037

RS Mata Cicendo
Jl. Cicendo No 4, Bandung
Telp. (022) 4231280

RS Mitra Kasih
Jl. Raya Cibabat No 341, Bandung
Telp. 6654852

RS Muhammadiyah
Jl. KH Achmad Dahlan No 53, Bandung
Telp. 7301062

RS Pindad
Jl. Gatot Subroto No 517
Telp. (022) 7321964

RS Rajawali
Jl. Rajawali No 73, Bandung
Telp. (022) 6031087

RS Santo Borromeus
Jl. Ir H Juanda No 100, Bandung
Telp. (022) 255200

RS Santo Yusup
Jl. Cikutra No 7, Bandung
Telp. (022) 7208172

RS Sariningsih
Jl. Laks RE Martadinata No 9 Bandung
Telp. (022) 4204257

RS Sukapura
Jl. Kawaluyaan No 70, Bandung
Telp. (022) 7303926

RS Umum Bungsu
Jl. Veteran No 6, Bandung
Telp. (022) 4231550

RS Umum Cibabat
Jl. Raya Cibabat 140, Bandung
Telp. (022) 6652025

RS Umum Cicalengka
Jl. Cicalengka No 321, Bandung
Telp. (022) 7949217

RS Umum Daerah Majalaya
Jl. Cipaku No 87, Bandung
Telp. (022) 5950035

RS Umum Pusat Hasan Sadikin
Jl. Pasteur No 38, Bandung
Telp. (022) 2034953

RS Umum Rancaekek
Jl. Rancaekek no 99, Bandung
Telp. (022) 7798009

RS Umum Soreang
Jl. Alun-Alun Utara 1
Telp. (022) 5896590

RS Umum Ujung Berung
Jl. Rumah Sakit No 22, Bandung
Telp. (022) 7811794

RS Paru Dr H Rotinsulu
Jl Bukit Jarian No 40 Ciumbuleuit, Bandung
Telp. (022) 2031427

FO & Distro

Elizabeth Bag
Jl. Inggit Garnasih No. 15
Jl. Oto Iskandar Dinata No. 520
Jl. Cihampelas No.115
Cihampelas Walk G.30 - G38
3 second / green Light / Moutley Clothing at
BSM , BIP, Istana Plaza ,paris van java and all deptstore indonesia
office :
Jl. Soekarno Hatta No. 723
The Summit
Jl. LL. RE. Martadinata (Riau) 61
Neps

18th Park Jl. Riau 18 Bandung
Formen Galeri Le'laki
Jl. LL. RE. Martadinata (Riau) 36
Metamorf
Jl. Riau 106 Bandung
Renaritti
Jl. Laks L RE Martadinata No.26
Heritage
Jl. Laks L RE Martadinata no.63
Riau Stock Mall
Jl. Riau No.160
Batik Danar Hadi PT
Jl. Laks L RE Martadinata 60
Solution
Jl Ir H Juanda (Dago) 91
M&M
Jl. Ir. H Juanda No. 81-83
Up Town
Jl. Ir. H Juanda No.84
Edward Forrer
Jl. Ir. H Juanda
Dago Stock Ekspor
Jl. Ir. H Juanda No.52
Rumah Mode
Jl. Dr. Setiabudi No. 41
Lavayette
Jl Dr Setiabudi 61A
Little Sweet
Jl. Dr. Setiabudi 135 Bandung
Dobujack Invasion
Jl. Plered 2/19 Antapani Bandung
Romantic Silver
Jl. Trunojoyo 23 Bandung
Evil Army
Jl. Sultan Agung 5 Bandung
Metamorf
Jl. Riau 106 Bandung
Feeble
Komp. Ujung Berung Indah 10 Bandung
Horny
Jl. Cibeunying Kolot 84 Cigadung Selatan Bandung
Kenari Fabrics Outlet
Jl. Kenari 14 Bandung
Mugabe
Jl. Jatiwangi Raya 11 Antapani Bandung
Anti Beauty
Jl. Trunojoyo 6 Bandung
Frblt
Cihampelas Walk, Young Street SG-28 Bandung
Silverside_686
Jl. Pasir Suci Barat 16 Ciwastra Buah Batu Bandung
Mozie Framework
Jl. Bola Keranjang 8 Arcamanik Bandung
Terrgee
Jl. Sari Asih II/2 Bandung
Black Jack
Jl. Trunojoyo 19 Bandung
Marrmello
Jl. Buah Batu 62 Bandung
Suantex
Jl. Dulatip 68B Bandung
Eatshop
Jl. Buah Batu 159 Bandung
Black ID
Jl. Belitung 3 Bandung
Ouval Research
Jl. Buah Batu No.64 Bandung
Flames & The Love Conspiracy Inc.
Jl. Cidurian Utara 203 Bandung
Wake Clothes
Jl. Sunda 93A Bandung
347
Jl. Trunojoyo 4 Bandung
Post Clothing Co.
Jl. Dipatiukur 43 Bandung
Monster Industries
Jl. Bukit Dago Selatan 11 Bandung
Blankwear
Jl. Trunojoyo 23 Bandung
Sins
Jl. Merak 4 Bandung
Caboo
Jl. Sultan Agung 3 Bandung
NLS
Jl. Trunojoyo 8 Bandung
Airplane System
Jl. Aceh 44 Bandung
Flashjack
Jl. Sukarajin II Gg. Sastrodiharjo VI 1 Bandung
Invictus
Jl. Pager Gunung 13 Bandung
Brand Rvltn
Jl. Pelindung Hewan 15 Lt. III Bandung
Neps
18th Park Jl. Riau 18 Bandung
Flashy
Jl. Dipatiukur 1 Bandung
Diery
Jl. Trunojoyo 23 Bandung
ThunderStar
Jl. Permata Kopo A62 Bandung
Rawks
Jl. Banda 23 Bandung
Boardmaker
Jl. Merdeka 68 Bandung
Screamous
Jl. Trunojoyo 23 Bandung
Oro
Jl. Trunojoyo 23 Bandung
Dloops
Jl. Geusanulum 1 Sultan Agung Bandung
Jail Body Inside
Jl. Batununggal Indah Raya I/10 Bandung
Little Sweet
Jl. Dr. Setiabudi 135 Bandung

Saturday, November 21, 2009

Ngaguar Kujang

Selama ini kita kerap melihat kujang sebagai simbol instansi, institusi pendidikan dan banyak lagi. Tidak aneh memang, karena kujang adalah salah satu peninggalan sejarah bangsa Indonesia yang tidak ada duanya.
Namun, pusaka yang berkembang sekitar abad 3 hingga 15 ini kini semakin tersingkirkan. Atas dasar itu, sejumlah pengamat budaya yang menaruh perhatian terhadap kujang menggelar diskusi 'Ngaguar Kujang' Jum'at (20/11/2009) di Common Room Jl. Kyai Gede Utama No.8 Bandung.

"Kujang sebagai simbol sering kita lihat dimana-mana. Tapi apa makna historis dan filosofis dibalik kujang itu sendiri, masih banyak yang belum tahu,"
Dalam acara ini, tak kurang dari dua ratus kujang dipajang diatas meja panjang dan kotak-kotak kaca. Di sekitarnya ditaburi bunga-bunga dan diberi tulisan 'Dilarang Disentuh', 'Dont Touch' dan 'Tong Dicabak'. Sementara itu, disudut kiri ruang diskusi nampak serangkaian sesaji.
"Jenis kujang yang dipamerkan ada 28 macam. Kenapa diberi bunga-bunga yang mengeluarkan wewangian seperti itu, karena kujang-kujang ini adalah pusaka titipan leluhur yang harus dijaga sebaik mungkin. Mengumpulkannya saja cukup sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar," ujar Dadang.
Sebagai pembicara, dihadirkan Budi Dalton selaku budayawan, pengamat dan pemerhati kujang dan juga dosen Universitas Pasundan. Serta Aat Supriatna (Budayawan Jawa Barat) selaku moderator.
Lebih lanjut Dadang menuturkan, setelah digelarnya acara ini diharapkan generasi muda setidaknya bisa terbuka pandangannya mengenai kujang.
"Mungkin diskusi ini terlalu singkat untuk membahas kujang secara keseluruhan dan mendalam. Tapi setidaknya, ada transfer ilmu mengenai kujang yang kerap dipakai sebagai simbol-simbol tadi. Karena dengan memahami bagian budaya bangsa ini, nasionalisme kita bisa dipastikan akan bertambah," tandas Dadang.(dip/avi)

Sunday, September 27, 2009

Tempat-tempat wisata

Mumpung masih dalam rangka liburan anak sekolah, saya mencoba untuk mendaftar tempat-tempat wisata seputar Bandung siapa tahu bisa memberikan informasi mengenai beberapa alternatif berwisata di Bandung. Memang jumlahnya belum mencapai 1001, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang membutuhkan.

Tempat-tempat wisata di Bandung Kota:
* Gedung Sate Bandung dan Lapangan Gasibu
* Monumen Perjuangan Rakyat – Jl. Dipatiukur
* Kebun Binatang Bandung – Jl. Tamansari
* Institut Teknologi Bandung – Jl. Ganesha
* Taman Ganesha – Jl. Ganesha
* Taman Lalu Lintas – Jl. Sumatera
* Taman Lansia – Jl. Cisangkuy
* Taman Kantor Pemerintah Kota Bandung
* Bandung Tempo Doeloe – Jl. Braga
* Pusat Perbelanjaan Jl. Cihampelas
* Museum Pos Indonesia – Jl. Cisanggarung
* Museum Mandala Wangsit Siliwangi
* Museum Konferensi Asia Afrika
* Alun-alun dan Masjid Agung – Jl. Asia Afrika
* Museum Sri Baguda – Jl. Lingkar Selatan

Tempat-tempat wisata di Bandung Utara:
* Curug Dago – Terminal Dago
* Taman Hutan Dago Pakar dan Gua Belanda/Jepang

* Curug Omas – Taman Wisata Maribaya
* Arena Pemancingan Bonita – Lembang
* Teropong Bintang Boscha – Lembang
* Pasar Tradisional – Lembang
* Taman Hutan Jaya Giri – Lembang
* Bumi Perkemahan Cikole
* Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu
* Kawah Upas – Gunung Tangkuban Parahu
* Kawah Domas – Gunung Tangkuban Parahu
* Perkebunan Teh Subang – Jawa Barat
* Pemandian Air Panas Ciater
* Taman Bunga Cihideung – Jl. Sersan Bajuri
* Spirit Camp & Sahabat Alam – Jl. Sersan Bajuri
* Curug Cimahi – Cisarua

Tempat-tempat wisata di Bandung Selatan:

* Kawah Putih – Ciwidey
* Bumi Perkemahan Rancaupas – Ciwidey
* Pemandian Air Panas Walini – Ciwidey
* Perkebunan Teh Rancabali – Ciwidey
* Perkebunan Teh Gambung – Ciwidey
* Situ Patengan – Ciwidey
* Situ Cipanunjang – Pangalengan
* Situ Cileunca – Pangalengan
* Situs Gunung Padang – Jawa Barat
* Kawah Kamojang – Paseh Jawa Barat

Tempat-tempat wisata di Bandung Barat:

* Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut
* Perbukitan Kapur – Padalarang
* Waduk Ciburuy – Padalarang
* Waduk Saguling – Jawa Barat
* Pemandian Air Cipanas – Jawa Barat
* Gua Pawon – Jawa Barat
* Sang Hyang Tikoro – Jawa Barat

Tempat-tempat wisata di Bandung Timur:

* Alam Pegunungan Manglayang
* Curug Cinulang – Cicalengka
* Kawah Kamojang
* Candi Cangkuang dan Kampung Pulo – Garut
* Situ Bagendit – Garut

Tuesday, September 15, 2009

pasang iklan

Banners 460x60, Header

    *   Harga : Rp.100.000
    *   Available :  1 slots (Ready Stock)
    *   Tempat : Header
    *   Deskripsi : Tampil di semua halaman. space disewa minimal 1 bulan atau 30 hari. (dofollow)

Banners 110x110, Header

    *   Harga : Rp.50.000
    *   Available :  4 slots (Ready Stock)
    *   Tempat : BANNER
    *   Deskripsi : Tampil di semua halaman. space disewa minimal 1 bulan atau 30 hari. (dofollow)

Bagi yang bermina
Hub:
Email: moch_anshor@yahoo.com
YM: achonk2001@yahoo.com
Telp/SMS : 085759846855
BBM : 205078F

Jenis Pembayaran :
    Bank Mandiri              No. Rek :  1310005092715 Mochamad Ansor



Thursday, September 03, 2009

Wina Ceuk Saha





Wednesday, August 26, 2009

Pupujian Eling2

Yaa robbi bil-Mustofa
balligh maqooshidanaa
Waghfirlanaa maamadho
yaa waasi'al karomi

nun gusti pangeran abdi
ku ka agungan kang jeung nabi
mugi gusti ngajadikeun
sugri anu disuhunkeun

sareng mugi ngahampura
gusti ka abdi sadaya
tina lampah anu salah
eh allah nu maha murah

ma sya allah matak kelar
di akherat kabeh gelar
tina pakuburan mencar
karumpul di alam mahsyar

ari ngaran mahsyar eta
palataran anu rata
panasna waktu harita
panon poe tujuh nyata

teu jauh tujuhanana
pirasatar antarana

ngarojol kabehanana
ka jalma goreng amalna

eling2 dulur kabeh
ibadah ulah sampoleh
beurang peuting ulah weuleh
bisina kaburu paeh

sabab urang bakal mati
nyawa dipundut ku gusti
mangka kudu ati2
kaibadah sing gumati

karasana keur sakarat
nyeurina kaliwat liwat
ka ibadah sok ngaliwat
tara ngalampahkeun solat

sanajan teu boga sarung
solat mah teu meunang embung
teu meunang sumput salindung
kana dawuhan yang agung

Wednesday, August 12, 2009

Sambut Ramadhan, Jemput Ampunan

Ramadhan, bulan suci yang penuh ampunan telah datang. Duh, pasti dong kamu-kamu suka cita menyambutnya. Apalagi bila di benak sudah terbayang lebaran di depan mata ketika puasa usai. Watau sebulan lagi atuh itu mah.
Mungkin yang membuat Ramadhan berkesan buat kita-kita selain suasananya, juga soal daftar makanan yang cuma ngetren di saat Ramadhan. Ehm, nanti bakal ada lagi kolak pisang yang manis legit, bubur kacang ijo, es kelapa muda, kurma, dan makanan-makanan lain yang jadi rajin hadir ketika Ramadhan datang. Lauk pauk pun jadi lebih istimewa daripada hari-hari biasanya. Yang biasanya cuma tahu, tempe, dan krupuk jadi ada ayam goreng, ayam opor, pepes ikan, dan lain-lain. Biasanya ibu kamu pasti beralasan untuk menghargai yang berpuasa, katanya.

Belum lagi jam sekolah yang jadi lebih pendek setiap harinya plus libur awal dan akhir Ramadhan yang selalu ditunggu. Guru-guru pun juga jadi lebih sabar. Yang biasanya killer jadi lebih anteng di bulan puasa ini. Mengendalikan hawa nafsu, dalihnya.
Program-program televisi, radio, surat kabar, majalah, sekolah, kantor dan lain-lain semua jadi sok sibuk menyambut datangnya Ramadhan. Acara demi acara digelar untuk menambah semarak bulan suci ini. Disesuaikan dengan kondisi. Ada ngabuburit atau acara yang dikemas menjelang berbuka, ada kentongan sahur, buka puasa bersama, siraman ruhani hingga kuis-kuis juga tak mau ketinggalan.
Ramadhan adalah
Bagi remaja seusia kamu, nggak semua loh bersuka cita menyambut Ramadhan. Ada yang menganggap kalo Ramadhan adalah bulan siksaan karena harus puasa menahan lapar dan haus. Belum lagi kudu tarawih malamnya karena paksaan mama-papa. Atau bahkan satu bulan menyebalkan karena kamu tak lagi bisa indehoi pacaran bebas kayak bulan-bulan lainnya. Gubrakz naudzhubillah, nyebut Neng!
Kalo kata yang Tercinta kita. Yup, siapa lagi kalo bukan Rasulullah Muhammad saw. dalam khutbahnya tentang Ramadhan:
Wahai manusia! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat, dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari paling utama. Malam-malamnya adalah malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakanNya. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu adalah ibadah, amal-amalmu diterima, dan doa-doamu diijabah.
Tuh kan, sudah gamblang bin jelas banget diterangkan oleh Rasulullah tentang apa itu Ramadhan. Rugi banget kalo kita nggak bisa manfaatin bulan spesial ini. Martabak aja kita maunya yang spesial, masa' bulan penuh ampunan ini dijalani biasa aja. Betul?
Sobat, kamu pasti bakal nyesel bila Ramadhan tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Padahal jelas-jelas di bulan ini obral pahala begitu banyaknya. Seperti sabda Rasulullah saw. dalam sebuah hadits qudsiy: �Demi dzat yang jiwaku berada di tanganNya, bau mulut orang yang berpuasa benar-benar lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kesturi. Dia meninggalkan makanannya, minumannya, dan syahwatnya semata-mata karena Aku. Puasa itu adalah bagiKu. Dan Aku sendirilah yang akan memberikan pahalanya. Dan kebajikan (pada bulan Ramadhan) diberi pahala dengan sepuluh kali lipat kebajikan yang semisalnya. (HR Bukhari dari Abu Hurairah)
Emang sih, semua juga butuh upaya supaya kamu dapetin berkahnya Ramadhan. Bayangin, cuma bernafas dan tidur aja udah dapat pahala. Gimana lagi nilainya kalo kamu juga ngelakuin sholat, puasa, bersedekah, berbakti pada guru dan ortu, menyantuni fakir miskin, belajar Islam, dan mengamalkannya. Wuih...kamu bakalan bingung cara ngitungin pahalanya hehehe. Semoga ya.
Eits jangan berbangga dulu. Pahala emang mudah banget didapat di bulan Ramadhan ini, tapi hal-hal yang mengakibatkan pahala itu ngabur kayak ditiup angin juga banyak. Kalo kamu nggak bisa ngejagain mulut kamu dari bergunjing, memfitnah, mengolok dan menyakiti hati orang lain, maka semua pahala puasa kamu jadi sia-sia di bulan ini. Rasulullah bersabda: Betapa banyak orang yang berpuasa, tapi mereka tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali lapar dan dahaga. (HR Ahmad)
Jangan nodai Ramadhan
Banyak banget yang bilang kalo bulan Ramadhan itu adalah bulan suci jadi kita kudu menghormati. Mereka yang biasanya suka pake baju kurang kain, jadi alim berbaju panjang pas Ramadhan. Kamu yang biasanya hot kalo pacaran jadi agak kaleman. Pun mereka yang biasanya suka korupsi jadi brenti sementara. Wah, itu namanya pembodohan. Sebab, yang namanya umbar aurat, pacarannya hot atau nggak, korupsi biar dikit or banyak, sekali haram tetap haram. Nggak peduli di bulan Ramadhan or di bulan lain.
Jadilah bulan Ramadhan ini menjadi ajang ganti kulit bagi mereka yang nggak punya pendirian. Kerudung jadi rajin nempel di kepala yang biasanya suka berpakaian tidak pantas. Apalagi didukung oleh artis pujaan yang mencontohkan demikian. Bukannya su'udzon , tapi fakta hehe.
Bahkan beberapa stasiun radio menyiapkan sebuah acara bertajuk �Ramadhan khusyuk asmara syahdu'. Walah! Dari judulnya aja kamu pasti sudah bisa ngebayangin jalannya acara. Kamu-kamu yang notabene masih remaja berebut telepon ke stasiun radio itu untuk berbagi cerita tentang bagaimana kamu menjalani ibadah di bulan Ramadhan tapi aktivitas pacaran kamu juga semakin hot. Misal, ketika tarawih janjian berangkat bareng dengan pacar, atau ketika ikutan kuliah shubuh bareng mama eh, ternyata malah dapat gebetan baru.
Belum lagi para ibu-ibu kita yang juga biasanya jadi suka sok sibuk menyambut Ramadhan. Persediaan makanan yang jadi berlimpah, ditumpuk di rumah hingga masak makanan yang seakan menjadi �wajib' menjelang Ramadhan untuk dibagikan ke para tetangga. Tak ada yang salah sih, tapi jangan lupa Ramadhan bukan hanya sekadar itu.
Jadikan Ramadhan-mu berarti
Sungguh sobat, kamu bakal nyesel seumur-umur kalo Ramadhan tahun ini nggak dimanfaatin sebaik-baiknya. Belum tentu kamu masih bisa bersua lagi dengan Ramadhan tahun berikutnya. Biar kamu nggak salah langkah, ini ada tips-tips sederhana buat kamu:
Pertama, niatkan ibadahmu karena Allah semata. Yang semula punya niat puasa supaya nyenengin ortu, buang pikiran itu sejauh-sejauhnya. Karena kamu nggak bakal dapat nilai apa pun di sisi Allah kecuali lapar dan haus aja. Rugi banget dong. Lagipula kalo niat puasamu karena apa-apa selain untuk Allah, kamu bakal mudah tergoda. Pulang sekolah di siang bolong ketemu abang jual es, udah kepikiran aja untuk mengabatalin. (hayo�ngaku. Sori bukan nuduh). Belum lagi waktu tarawih. Kalo niat kamu gak murni untuk meraih ridho Allah, kamu bakal males berangkat ke masjid kalo si doi nggak ada. Udah capek jalan jauh-jauh ke masjid eh, tanpa pahala pula.
Kedua, perbanyak tilawah Quran. Selain pahala yang berlipat-lipat ganda di bulan suci ini, banyak baca al-Quran bikin hati dan pikiran kamu tentram. Nggak melulu nungguin waktu berbuka yang terasa lama. Apalagi melulu ke doi karena jadwal apel terhadang sholat tarawih. Udah deh�niatkan sejak Ramadhan ini adalah ajang kamu mengendalikan hawa nafsu dan syahwatmu. Pacaran mah cuma ajang mancing-mancing kamu mendekati zina. Naudzubillah .
Ketiga, perbanyak sodaqoh dan amal sholih lain. Uang jajanmu yang praktis utuh karena puasa, bisa kamu gunakan untuk memberi sedekah kepada orang yang lebih membutuhkan. Bukannya berkurang, harta yang kamu belanjakan di jalan Allah ini bakal kamu petik hasilnya yang berlipat-lipat kali di akhirat kelak. Uang seribu yang cuma buat segelas es, bisa jadi satu kolam es di surga kelak untuk kamu minum sepuasnya. Insya Allah.
Keempat, tinggalkan dusta dan berbuat buruk. Diriwayatkan dari Abu Hurayrah r.a.: Rasulullah bersabda: �Barangsiapa tidak meninggalkan dusta dan berbuat buruk pada Ramadhan, Allah tidak butuh kepada usahanya meninggalkan makan dan minum.� (HR Bukhari) . Apa sih yang buruk itu? Semua hal yang nggak dibolehin sama syara' (hukum Allah) maka itu adalah buruk. Mulai dari berbohong, korupsi, pamer aurat, hingga aktivitas mendekati zina alias pacaran adalah nggak boleh. Hehe, ke sini lagi dah. Semua hal buruk itu nggak boleh dilakukan di bulan Ramadhan. Eits�bukan berarti yang nggak boleh di bulan Ramadhan, berarti di bulan lainnya jadi boleh loh. Ati-ati dengan jebakan ini.
Kelima, ini yang pasti, tingkatkan pemahamanmu tentang Islam. Amal tanpa ilmu buta dan ilmu tanpa amal sia-sia. Jangan mau jadi remaja muslim yang bodoh. Ilmu Islam sedemikian luasnya, kamu tinggal pilih. Otomatis kamu bakal pilih belajar Islam yang bisa buat kamu jadi remaja oke dong. Ibadah bagus, wawasan luas, amal segudang. Jangan mau jadi tipe Si Boy. Sholat oke maksiat jalan terus. Intinya, kita harus punya iman, ilmu, dan amal. Tingkatin yuk!
Finally
Udah seabreg tips yang bisa kamu amalkan untuk Ramadhan kali ini. Sejuta contoh hal buruk yang nggak patut kamu tiru. Bilapun masih ada hal-hal yang bikin kamu nggak nyaman menjalankan ibadah Ramadhan, itu bukan salah kamu. Ketika kamu berangkat dan pulang sekolah masih nemuin warung dan kedai makanan buka serta orang-orang yang dengan cueknya makan minum di sana, anggap itu ujian. Ketika kamu istirahat pingin baca buku di perpus sekolah masih aja ada yang mojok berdua, atau di pojok taman ada temen kamu yang merokok, teman kamu menggunjing, mengolok, dan semua hal yang bikin nggak khusyuk Ramadhan-mu, itu semua bukan salah kamu.
SEKULER. Yah semua fenomena yang terjadi adalah produk sekularisme ketika agama dipisahkan dari kehidupan dan dianggap cuma ngurusin sholat, puasa dan zakat doang. Kamu nggak perlu merasa tertekan karena takut mengotori ibadah di bulan Ramadhan. Sebaliknya, kamu kudu peduli dan sayang sama mereka. Kamu kudu ngingetin. Apalagi kalo kamu kebetulan punya kedudukan jadi ketua Rohis or OSIS misalnya. Dengan jabatanmu ini kamu punya hak dan wajib mengingatkan teman-temanmu yang salah jalan dan belum tercerahkan. Atau dengan serendah-rendahnya iman, kamu wajib mengingkari dalam hatimu dengan perbuatan mereka yang jelas-jelas dilarang oleh Islam.
Finally
Ramadhan telah datang. Jangan mau hanya mendapat lapar dan dahaga saja. Raihlah ampunan Allah yang seluas langit dan bumi itu. Selamat menjalankan ibadah Ramadhan, sobat. Selamat berjuang di bulan Ramadhan ini untuk mendapat predikat muttaqin , orang yang bertakwa. Sambut Ramadhan, jemput ampunan.

Monday, July 13, 2009

Kepada Anak Garam

di petak-petak tanah per-tambak-an
warna putih menjadi sebendung salju
menjadi musim beku.
nafasmu yang nanar seperti mengembara di himalaya
yang penuh dengan udara lembut
menyimpan kesederhanaan.
dengan menghitung peluh mentari
yang jatuh di persenggamaan purba
dan semedi garam-garam,
barangkali kau mampu terlepas
dari cemas dan ketakutan.
siklus air
adalah nyanyian sunyi tak henti-henti
pada tanah berbau amis.
baling-baling berhenti perlahan
memecah angin laut
menjadi selaksa arah mata angin.
lalu aku melihat matamu [...]

Tentang Penambak Garam dan Petani Tembakau

bilamana penambak garam itu mengeluh,
nyanyian sunyi batu-batu
rimbun memenuhi geladak-geladak pertambakan
berpadu pekat dengan keakraban matahari.
merapuhkan jari-jemari baling-baling raksasa
adalah mengenal keparkasaan mereka
membimbing angin pada air menyeberangi
tanah-tanah pedih
ke dalam asin lautan.
tak pernah pensiun
tak kenal ngungun.
madura adalah saksi sempurna
setiap tetes peluh mereka.
saat menjilati air laut
dan selalu mandi api-api matahari.
wahai, saksikanlah seorang tua itu;
menderes garam demi garam
hingga tumpukan putih menggunung [...]

Bila Malam Itu Malaikat

Matahari baru saja tenggelam di antara deru nafasku yang tersenggal-senggal. Aku sengaja berlari meninggalkan kepekatan yang memburuku. Begitu juga teman-temanku yang ada dalam pasukan ini. Magrib ini kami harus menemukan tempat persinggahan untuk sekedar berbuka puasa dan beristirahat untuk tidur. Hutan belantara yang baru saja aku lalui, bukan saja berbahaya karena binatang buasnya. Tapi [...]

Sajak-sajak Moh. Ghufron Cholid

KUTEMUKAN ALLAH

Kutemukan Allah dalam sujudku
Lantas aku tahu
Aku hanya kayu
Tak tahu kapan jadi abu

Al-Amien, 2008

Sajak-sajak Lutfi Andi Zulkarnain

PAGAR KAYU 
pagar kayu mengetuk hatiku dalam dalam
kubuka pintu, dan kupersilahkan masuk setelah mencuri
sedikit pandang dari resah wajahnya
ia bercerita sambil menyeruput segelas teduh hangat
“seorang pencuri memperhatikan isi hatimu berhari
hari. sudah kuusir tapi tak juga mau pergi.”
bisa kulihat tangannya yang semakin gemetar, dadanya
yang serasa terbakar
aku tersenyum dan menepuk pundaknya
“sudahlah, tidak usah dipikirkan. ia memang telah
mencuri sebagian hatiku [...]

NOVEL : Balada Si Roy(10)


Roy sedang nangkring di seberang sekolah. Dia mbolos sampai jam istirahat pertama nanti. Ada Corona biru berplat B berhenti.

JEDA : Ha-ha-ha, "Tak Gendong" Mbah Surip


Sejak bulan Mei 2009 lagu "Tak Gendong" seperti menerobos dalam hamparan lagu mendayu-dayu yang umumnya dikumandangkan para anak band.

Tak Tahu Sarijadi Sebagai RTH, Perumnas Minta Ganti Rugi


Perumnas Regional IV Jabar mengaku tidak tahu kawasan Sarijadi yang rencananya dibangun Rusunami, merupakan ruang terbuka hijau (RTH). Jika tidak boleh dibangun, Perumnas minta ganti rugi.

MAE Akan Gelar Konser di Sabuga


Grup band eksperimental asal negeri Paman Sam, Multy-sensory Aesthetic Experience atau yang lebih dikenal dengan MAE akan bertandang ke Bandung, Minggu (26/7/2009).

Duh!12 Ketua RW Diduga Mark Up Harga Raskin

Sebanyak 12 Ketua Rukun Warga (RW) di Kelurahan Pasanggrahan Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, berurusan dengan polisi. Mereka diduga melakukan korupsi dengan modus menaikkan harga beras jatah rakyat miskin (raskin).

PEANUT BUTTER & JAM: Treasures

The blue top was bought in my friend's garage sale and the hi waist pants is bandung's 2. Pink Shirt and Jeans Skirt Sorry, it looks like a white shirt bcos i'm just a beginner in photoshop :))) 3. Brown Hi Waist Skirt ...

Diskusi Terbuka tentang Referensi Sektor Keamanan | Kampus Kreatif

Biro Kepegawaian Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan “Pelatihan Entri Data Penilaian Sertifikasi Dosen” pada hari Senin, 6 Juli 2009 di Gedung Annex Lantai 3, Jalan Tamansari 64 Bandung mulai pukul 10:00 - 12:00 WIB, ...

Tuesday, July 07, 2009

Orang Cerdas Adalah Orang Yang Mengingat Akan Kematian

Sahabatku, yang mungkin terlalu sibuk bekerja...
Luangkanlah waktu sejenak untuk membaca dan merenungkan pesan ini...
Aktifitas keseharian kita selalu mencuri konsentrasi kita. kita seolah
lupa dengan sesuatu yang kita tak pernah tau kapan kedatangannya.
Sesuatu yang bagi sebagian orang sangat menakutkan.Tahukah kita kapan
kematian akan menjemput kita???
berikanlah waktu anda dan bacalah sampai habis, semoga dapat menjadikan
hikmah buat kita semua dan sadar, bahwa kita akan mati dan tinggal
menunggu waktunya,
semoga kita termasuk dalam orang-orang yang khusnul khotimah.... amien.... .
Tatkala masih di bangku sekolah, aku hidup bersama kedua orangtuaku
dalam lingkungan yang baik. Aku selalu mendengar doa ibuku saat pulang
dari keluyuran dan begadang malam. Demikian pula ayahku, ia selalu dalam
shalatnya yang panjang. Aku heran, mengapa ayah shalat begitu lama,
apalagi jika saat musim dingin yang menyengat tulang.

Aku sungguh heran, bahkan hingga aku berkata kepada diri sendiri :
"Alangkah sabarnya mereka....setiap hari begitu...benar- benar
mengherankan!
"Aku belum tahu bahwa disitulah kebahagiaan orang mukmin dan itulah
shalat orang orang pilihan. Mereka bangkit dari tempat tidurnya untuk
munajat kepada Allah.
Setelah menjalani pendidikan militer, aku tumbuh sebagai pemuda yang
matang. Tetapi diriku semakin jauh dari Allah padahal berbagai nasehat
selalu kuterima dan kudengar dari waktu ke waktu. Setelah tamat dari
pendidikan, aku ditugaskan di kota yang jauh dari kotaku.
Perkenalanku dengan teman-teman sekerja membuatku agak ringan menanggung
beban sebagai orang terasing.
Disana, aku tak mendengar lagi suara bacaan Al-Qur'an. Tak ada lagi
suara ibu yang membangunkan dan menyuruhku shalat. Aku benar-benar hidup
sendirian, jauh dari lingkungan keluarga yang dulu kami nikmati. Aku
ditugaskan mengatur lalu lintas di sebuah jalan tol.. Di samping menjaga
keamanan jalan,tugasku membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Pekerjaan baruku sungguh menyenangkan. Aku lakukan tugas-tugasku dengan
semangat dan dedikasi tinggi.

Tetapi, hidupku bagai selalu diombang-ambingkan ombak. Aku bingung dan
sering melamun sendirian .... banyak waktu luang ... pengetahuanku
terbatas.

Aku mulai jenuh ... tak ada yang menuntunku di bidang agama. Aku
sebatang kara. Hampir tiap hari yang kusaksikan hanya kecelakaan dan
orang-orang yang mengadu kecopetan atau bentuk-bentuk penganiayaan lain.

Aku bosan dengan rutinitas.. Sampai suatu hari terjadilah sebuah
peristiwa yang hingga kini tak pernah aku lupakan.

Ketika itu, kami dengan seorang kawan sedang bertugas disebuah pos
jalan..

Kami asyik ngobrol ... tiba-tiba kami dikagetkan oleh suara benturan
yang amat keras. Kami mengedarkan pandangan. Ternyata, sebuah mobil
bertabrakan dengan mobil lain yang meluncur dari arah yang berlawanan.
Kami segera berlari menuju tempat kejadian untuk menolong korban.
Kejadian yang sungguh tragis.

Kami lihat dua awak salah satu mobil dalam kondisi kritis. Keduanya
segera kami keluarkan dari mobil lalu kami bujurkan di tanah. Kami
cepat-cepat menuju mobil satunya. Ternyata pengemudinya telah tewas
dengan amat mengerikan.

Kami kembali lagi kepada dua orang yang berada dalam kondisi koma.
Temanku menuntun mereka mengucapkan kalimat syahadat. Ucapkanlah
"Laailaaha Illallaah .... Laailaaha Illallaah .." perintah temanku.
Tetapi sungguh mengerikan, dari mulutnya malah meluncur lagu-lagu.
Keadaan itu membuatku merinding.

Temanku tampaknya sudah biasa menghadapi orang-orang yang sekarat ...

Kembali ia menuntun korban itu membaca syahadat. Aku diam membisu. Aku
tak berkutik dengan pandangan nanar. Seumur hidupku, aku belum pernah
menyaksikan orang yang sedang sekarat, apalagi dengan kondisi seperti
ini.

Temanku terus menuntun keduanya mengulang-ulang bacaan syahadat.

Tetapi .... keduanya tetap terus saja melantunkan lagu.

Tak ada gunanya ... Suara lagunya terdengar semakin melemah .... lemah
dan lemah sekali. Orang pertama diam, tak bersuara lagi, disusul orang
kedua.

Tak ada gerak .... keduanya telah meninggal dunia. Kami segera membawa
mereka ke dalam mobil. Temanku menunduk, ia tak berbicara sepatahpun.

Selama perjalanan hanya ada kebisuan. Hening...

Kesunyian pecah ketika temanku mulai bicara..Ia berbicara tentang hakikat
kematian dan su'ul khatimah (kesudahan yang buruk).

Ia berkata "Manusia akan mengakhiri hidupnya dengan baik atau buruk..

Kesudahan hidup itu biasanya pertanda dari apa yang dilakukan olehnya
selama di dunia.

"Ia bercerita panjang lebar padaku tentang berbagai kisah yang
diriwayatkan dalam buku-buku islam. Ia juga berbicara bagaimana
seseorang akan mengakhiri hidupnya sesuai dengan masa lalunya secara
lahir batin.

Perjalanan kerumah sakit terasa singkat oleh pembicaraan kami tentang
kematian. Pembicaraan itu makin sempurna gambarannya tatkala ingat bahwa
kami sedang membawa mayat. Tiba-tiba aku menjadi takut mati. Peristiwa
ini benar-benar memberi pelajaran berharga bagiku. Hari itu, aku shalat
khusyu' sekali.

Tetapi perlahan-lahan aku mulai melupakan peristiwa itu. Aku kembali
pada kebiasaanku semula ... Aku seperti tak pernah menyaksikan apa yang
menimpa dua orang yang tak kukenal beberapa waktu yang lalu. Tetapi
sejak saat itu, aku memang benar-benar menjadi benci kepada yang namanya
lagu-lagu. Aku tak mau tenggelam menikmatinya seperti sedia kala.

Mungkin itu ada kaitannya dengan lagu yang pernah kudengar dari dua
orang yang sedang sekarat dahulu. Kejadian yang menakjubkan !.

Selang enam bulan dari peristiwa mengerikan itu .... sebuah kejadian
menakjubkan kembali terjadi di depan mataku. Seseorang mengendarai
mobilnya dengan pelan, tetapi tiba-tiba mobilnya mogok di sebuah
terowongan menuju kota . Ia turun dari mobilnya untuk mengganti ban yang
kempes. Ketika ia berdiri dibelakang mobil untuk menurunkan ban serep,
tiba-tiba sebuah mobil dengan kecepatan tinggi menabraknya dari arah
belakang. Lelaki itupun langsung tersungkur seketika.

Aku dengan seorang kawan, bukan yang menemaniku pada peristiwa pertama
cepat-cepat menuju tempat kejadian.

Dia kami bawa dengan mobil dan segera pula kami menghubungi rumah sakit
agar langsung mendapat penanganan. Dia masih sangat muda, wajahnya
begitu bersih.Ketika mengangkatnya ke mobil, kami berdua cukup panik,
sehingga tak sempat memperhatikan kalau ia menggumamkan sesuatu. Ketika
kami membujurkannya di dalam mobil, kami baru bisa membedakan suara yang
keluar dari mulutnya.

Ia melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an ... dengan suara amat lemah.

"Subhanallah ! dalam kondisi kritis seperti itu ia masih sempat
melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an ? Darah mengguyur seluruh
pakaiannya, tulang-tulangnya patah, bahkan ia hampir mati. Dalam kondisi
seperti itu, ia terus melantunkan ayat-ayat Al-Qur'an dengan suaranya
yang merdu.

Selama hidup, aku tak pernah mendengar bacaan Al-Qur'an se indah itu.
Dalam batin aku bergumam sendirian "Aku akan menuntunnya membaca
syahadat sebagaimana yang dilakukan oleh temanku terdahulu ... apalagi
aku sudah punya pengalaman." aku meyakinkan diriku sendiri. Aku dan
kawanku seperti terhipnotis mendengarkan suara bacaan Al-Qur'an yang
merdu itu.

Sekonyong-konyong sekujur tubuhku merinding, menjalar dan menyelusup ke
setiap rongga. Tiba-tiba, suara itu terhenti. Aku menoleh kebelakang.

Kusaksikan dia mengacungkan jari telunjuknya lalu bersyahadat. Kepalanya
terkulai, aku melompat ke belakang.

Kupegang tangannya, degup jantungnya, nafasnya, tidak ada yang terasa..
Dia telah meninggal. Aku lalu memandanginya lekat-lekat, air mataku
menetes, kusembunyikan tangisku, takut diketahui kawanku.

Kukabarkan kepada kawanku kalau pemuda itu telah meninggal. Kawanku tak
kuasa menahan tangisnya. Demikian pula halnya dengan diriku. Aku terus
menangis air mataku deras mengalir. Suasana dalam mobil betul-betul
sangat mengharukan. ...Sampai di rumah sakit .....Kepada orang-orang di
sana , kami mengabarkan perihal kematian pemuda itu dan peristiwa
menjelang kematiannya yang menakjubkan.

Banyak orang yang terpengaruh dengan kisah kami, sehingga tak sedikit
yang meneteskan air mata.

Salah seorang dari mereka, demi mendengar kisahnya, segera menghampiri
jenazah dan mencium keningnya. Semua orang yang hadir memutuskan untuk
tidak beranjak sebelum mengetahui secara pasti kapan jenazah akan
dishalatkan. . . Mereka ingin memberi penghormatan terakhir kepada
jenazah. Semua ingin ikut menyolatinya.

Salah seorang petugas rumah sakit menghubungi rumah almarhum. Kami ikut
mengantar jenazah hingga ke rumah keluarganya.

Salah seorang saudaranya mengisahkan, ketika kecelakaan, sebetulnya
almarhum hendak menjenguk neneknya di desa. Pekerjaan itu rutin ia
lakukan setiap hari senin. Disana almarhum juga menyantuni para janda,
anak yatim dan orang-orang miskin.

Ketika terjadi kecelakaan, mobilnya penuh dengan beras, gula,
buah-buahan dan barang-barang kebutuhan pokok lainnya. Ia juga tak lupa
membawa buku-buku agama dan kaset-kaset pengajian. Semua itu untuk
dibagi-bagikan kepada orang-orang yang dia santuni. Bahkan juga membawa
permen untuk dibagikan kepada anak-anak kecil.

Bila tiba saatnya kelak, kita menghadap Allah Yang Perkasa. hanya ada
satu harap, semoga kita menjadi penghuni surga. Biarlah dunia jadi
kenangan, juga langkah-langkah kaki yang terseok, di sela dosa dan
pertaubatan.

Hari ini, semoga masih ada usia, untuk mengejar surga itu, dengan
amal-amal yang nyata : "memperbaiki diri dan mengajak orang lain "

Allah Swt berfirman: "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan
sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang
siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh
ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan
yang memperdayakan. " (QS. Al-Imran:185)

Rasulullah Saw telah mengingatkan dalam sabdanya, "Barangsiapa yang
lambat amalnya, tidak akan dipercepat oleh nasabnya."

Saudaraku, siapa yang tau kapan, dimana, bagaimana, sedang apa, kita
menemui tamu yang pasti menjumpai kita, yang mengajak menghadap Allah
SWT.

Orang yang cerdik dan pandai adalah yang senantiasa mengingat kematian
dalam waktu-waktu yang ia lalui kemudian melakukan persiapan persiapan
untuk menghadapinya.
Note : amalkan ilmu, sampaikan walau satu ayat, salah satu amalan yang
terus mengalir walau seseorang sudah mati adalah ilmu yang bermanfaat.
Begitulah hendaknya engkau nasehati dirimu setiap hari karena engkau
tidak menyangka mati itu dekat kepadamu bahkan engkau mengira engkau
mungkin hidup lima puluh tahun lagi, Kemudian engkau menyuruh dirimu
berbuat taat, sudah pasti dirimu tidak akan patuh kepadamu dan pasti ia
akan menolak dan merasa berat untuk mengerjakan ketaatan.
Nasehat ini terutama untuk diri saya sendiri, dan saudara-saudaraku
seiman pada umumnya.
Orang Cerdas Adalah Orang Yang Mengingat Akan Kematian,
INFORMASI PENERBANGAN GRATIS
AL-JENAZAH AIRLINES, LAYANAN PENUH 24 JAM
Bila kita akan 'berangkat" dari alam ini, ia ibarat penerbangan ke sebuah negara.
Dimana informasi tentangnya tidak terdapat dalam brosur penerbangan,
tetapi melalui Al-Qur'an dan Al-Hadist.
Di mana penerbangan bukannya dengan Garuda Airlines, Singapore Airlines,
atau US Airlines, tetapi Al-Jenazah Airlines.
Di mana bekal kita bukan lagi tas seberat 23Kg, tetapi amalan yang tak
lebih dan tak kurang.
Di mana bajunya bukan lagi Pierre Cardin, atau setaraf dengannya, akan
tetapi kain kafan putih.
Di mana pewanginya bukan Channel atau Polo, tetapi air biasa yang suci.
Di mana passport kita bukan Indonesia , British atau American, tetapi Al-Islam.
Di mana visa kita bukan lagi sekedar 6 bulan, tetapi 'Laailaahaillallah'
Di mana pelayannya bukan pramugari jelita, tetapi Izrail dan lain-lain.
Di mana servisnya bukan lagi kelas business atau ekonomi, tetapi sekedar
kain yang diwangikan.
Di mana tujuan mendarat bukannya Bandara Cengkareng, Heathrow Airport
atau Jeddah International, tetapi tanah pekuburan.
Di mana ruang menunggunya bukan lagi ruangan ber AC dan permadani,
tetapi ruang 2x1 meter, gelap gulita.
Di mana pegawai imigrasi adalah Munkar dan Nakir, mereka hanya memeriksa
apakah kita layak ke tujuan yang diidamkan.
Di mana tidak perlu satpam dan alat detector.
Di mana lapangan terbang transitnya adalah Al Barzah
Di mana tujuan terakhir apakah Syurga yang mengalir sungai di bawahnya
atau Neraka Jahannam.
Penerbangan ini tidak akan dibajak atau dibom, karena itu tak perlu bimbang.
Sajian tidak akan disediakan, oleh karena itu tidak perlu merisaukan
masalah alergi atau halal haram makanan.
Jangan risaukan cancel pembatalan, penerbangan ini senantiasa tepat
waktunya, ia berangkat dan tiba tepat pada masanya.
Jangan pikirkan tentang hiburan dalam penerbangan, karena anda telah
hilang selera bersuka ria.
Jangan bimbang tentang pembelian tiket, karena tiket telah siap di
booking sejak ruh anda ditiupkan di dalam rahim ibu.
YA!BERITA BAIK!! Jangan bimbangkan siapa yang duduk di sebelah anda.
Anda adalah satu-satunya penumpang penerbangan ini.
Oleh karena itu bergembiralah selagi bisa! Dan sekiranya anda bisa!
Hanya ingat! Penerbangan ini datang tanpa 'Pemberitahuan' .
Cuma perlu ingat!! Nama anda telah tertulis dalam tiket untuk Penerbangan. ....
Saat penerbangan anda berangkat... tanpa doa Bismillahi Tawakkaltu
'Alallah, atau ungkapan selamat jalan.
Tetapi Inalillahi Wa Inna ilaihi Rajiuun.....
Anda berangkat pulang ke Rahmatullah. Mati.

ADAKAH KITA TELAH SIAP UNTUK BERANGKAT?
'Orang yang cerdas adalah orang yang mengingat kematian. Karena dengan
kecerdasannya dia akan mempersiapkan segala perbekalan untuk
menghadapinya. '
ASTAGHFIRULLAH, semoga ALLAH SWT mengampuni kita beserta keluarga....
Amiin
WALLAHU A'LAM
Catatan:
Penerbangan ini berlaku untuk segala umur... tanpa kecuali, maka
perbekalan lebih baik dipersiapkan sejak dini..... sangat tidak bijak
dan tidak cerdas bagi yang menunda-nunda mempersiapkan perbekalannya.
SUARA YANG DIDENGAR MAYAT
Yang Akan Ikut Mayat Adalah Tiga hal yaitu:
1. Keluarga
2. Hartanya
3. Amalnya
Ada Dua Yang Kembali Dan Satu akan Tinggal Bersamanya yaitu;
1. Keluarga dan Hartanya Akan Kembali
2. Sementara Amalnya Akan Tinggal Bersamanya.
Maka ketika Roh Meninggalkan Jasad...Terdengarlah Suara Dari Langit
Memekik, "Wahai Fulan Anak Si Fulan..
Apakah Kau Yang Telah Meninggalkan Dunia, Atau Dunia Yang Meninggalkanmu
Apakah Kau Yang Telah Menumpuk Harta Kekayaan, Atau Kekayaan Yang Telah Menumpukmu
Apakah Kau Yang Telah Menumpuk Dunia, Atau Dunia Yang Telah Menumpukmu
Apakah Kau Yang Telah Mengubur Dunia, Atau Dunia Yang Telah Menguburmu."
Ketika Mayat Tergeletak Akan Dimandikan.. . ..Terdengar Dari Langit
Suara Memekik, "Wahai Fulan Anak Si Fulan...
Mana Badanmu Yang Dahulunya Kuat, Mengapa Kini Terkulai Lemah
Mana Lisanmu Yang Dahulunya Fasih, Mengapa Kini Bungkam Tak Bersuara
Mana Telingamu Yang Dahulunya Mendengar, Mengapa Kini Tuli Dari Seribu Bahasa
Mana Sahabat-Sahabatmu Yang Dahulunya Setia, Mengapa Kini Raib Tak Bersuara"
Ketika Mayat Siap Dikafan... Suara Dari Langit Terdengar Memekik,"Wahai
Fulan Anak Si Fulan
Berbahagialah Apabila Kau Bersahabat Dengan Ridha
Celakalah Apabila Kau Bersahabat Dengan Murka Allah Wahai Fulan Anak Si Fulan....
Kini Kau Tengah Berada Dalam Sebuah Perjalanan Nun Jauh Tanpa Bekal
Kau Telah Keluar Dari Rumahmu Dan Tidak Akan Kembali Selamanya
Kini Kau Tengah Safar Pada Sebuah Tujuan Yang Penuh Pertanyaan."
Ketika Mayat Diusung. ... Terdengar Dari Langit Suara Memekik, "Wahai
Fulan Anak Si Fulan..
Berbahagialah Apabila Amalmu Adalah Kebajikan
Berbahagialah Apabila Matimu Diawali Tobat
Berbahagialah Apabila Hidupmu Penuh Dengan Taat."
Ketika Mayat Siap Dishalatkan. ...Terdengar Dari Langit Suara Memekik,
"Wahai Fulan Anak Si Fulan..
Setiap Pekerjaan Yang Kau Lakukan Kelak Kau Lihat Hasilnya Di Akhirat
Apabila Baik Maka Kau Akan Melihatnya Baik
Apabila Buruk, Kau Akan Melihatnya Buruk."
Ketika MayatDibaringkan Di Liang Lahat....terdengar Suara Memekik Dari
Langit,"Wahai Fulan Anak Si Fulan....
Apa Yang Telah Kau Siapkan Dari Rumahmu Yang Luas Di Dunia Untuk
Kehidupan Yang Penuh Gelap Gulita Di Sini Wahai Fulan Anak Si Fulan....
Dahulu Kau Tertawa, Kini Dalam Perutku Kau Menangis
Dahulu Kau Bergembira,Kini Dalam Perutku Kau Berduka
Dahulu Kau Bertutur Kata, Kini Dalam Perutku Kau Bungkam Seribu Bahasa."
Ketika SemuaManusia Meninggalkannya Sendirian... .Allah Berkata
Kepadanya, "Wahai Hamba-Ku....
Kini Kau Tinggal Seorang Diri
Tiada Teman Dan Tiada Kerabat
Di Sebuah Tempat Kecil, Sempit Dan Gelap..
Mereka Pergi Meninggalkanmu. . Seorang Diri
Padahal, Karena Mereka Kau Pernah Langgar Perintahku
Hari Ini,....
Akan Kutunjukan Kepadamu
Kasih Sayang-Ku
Yang Akan Takjub Seisi Alam
Aku Akan Menyayangimu
Lebih Dari Kasih Sayang Seorang Ibu Pada Anaknya".
Kepada Jiwa-Jiwa Yang Tenang Allah Berfirman, "Wahai Jiwa Yang Tenang
Kembalilah Kepada Tuhanmu
Dengan Hati Yang Puas Lagi Diridhai-Nya
Maka Masuklah Ke Dalam Jamaah Hamba-Hamba- Ku
Dan Masuklah Ke Dalam Jannah-Ku"
Semoga Kematian akan menjadi pelajaran yang berharga bagi
kita dalam menjalani hidup ini.
Rasulullah SAW. menganjurkan kita untuk senantiasa mengingat mati (maut)
dan dalam sebuah haditsnya yang lain, belaiu bersabda "wakafa bi almauti
wa'idha", artinya, cukuplah mati itu akan menjadi pelajaran bagimu!
Semoga bermanfaat bagi kita semua, Amiin....

Sunday, June 28, 2009

TATAKRAMA BASA SUNDA

Nurutkeun panalungtikan Tatakrama Basa Sunda atawa sok disebut oge UNDAK USUK BASA SUNDA (UUBS) teh wangunna saperti kieu:

I. RAGAM BASA HORMAT (BASA LEMES)
Dina hakekatna digunakeunana ragam hormat teh taya lian pikeun nembongkeun rasa hormat ti nu nyarita ka nu diajak nyarita jeung ka saha nu dicaritakeunana. Ragam Basa Hormat aya dalapan rupa nya eta: 1. Ragam Basa Lemes Pisan/Luhur; 2. Ragam Basa Lemes keur Batur; 3. Ragam basa Lemes keur Pribadi/Lemes Sedeng; 4. Ragam Basa Lemes Kagok/Panengah; 5. Ragam Basa Lemes Kampung/Dusun; jeung 6. Ragam Basa Lemes Budak.

II. RAGAM BASA LOMA (AKRAB, KASAR)
Basa loma atawa nu ilahar disebut basa Kasar, saenyana lain dina harti kasar henteu ngahormat, tapi kulantaran digunakeun pikeun komunikasi di antara anu geus wanoh, jeung babaturan ulin upamana. Ragam Basa Loma ieu teh aya dua rupa nya eta: 1. Ragam Basa Loma/Akrab; jeung 2. Ragam Basa Garihal/Songong/Kasar Pisan.
Ragam basa anu garihal ieu mah digunakeunana teh keur ka sato atawa digunakeun ku jelma nu keur ambek pisan.

Jadi Undak Usuk Basa Sunda anu dina Kongres Basa Sunda taun 1986 di Cipayung Bogor disebut TATAKRAMA BASA SUNDA teh upama dijumlahkeun mah aya dalapan tahapan (ragam).
Sanajan Konferensi Kebudayaan Sunda I di Bandung jeung Kongres Basa Sunda VII di Garut ngusulkeun supaya Tatakrama Basa Sunda (UUBS) cukup dua tahap bae nyaeta RAGAM HORMAT jeung RAGAM LOMA, tapi dina hirup kumbuh sapopoe mah masih keneh digarunakeun TILU TAHAP/RAGAM . Ieu di handap digambarkeun POLA TATAKRAMA BASA SUNDA dina tilu Tahap/Ragam tea, nyaeta:

· Ragam basa Loma/Akrab/Kasar (A)
· Ragam basa Lemes keur Pribadi (B)
· Ragam basa Lemes keur Batur/Lemes Sedeng ©
* Katerangan tanda: # henteu sarua; = sarua.

POLA I: A # B # C

Jumlah kecap anu make pola saperti kieu kaitung saeutik pisan (k/l 25 kecap), nu sok disebut kecap lemes keur pribadi/lemes Sedeng, ieu anu ulah salah dina ngalarapkeunana teh:

- balik # WANGSUL # mulih
- bawa # BANTUN # candak
- beuli # PESER # galeuh
- biasa # TIASA # iasa
- boga # GADUH # kagungan
- dahar # NEDA # tuang
- datang # DONGKAP # sumping
- denge # KUPING # dangu
- era # ISIN # lingsem
- gering # UDUR # teu damang
- imah# ROROMPOK # bumi
- indit # MIOS # angkat
- kasakit # PAUDUR # kasawat
- menta # NYUHUNKEUN # mundut
- nitah # NGAJURUNG # miwarang
- ngomong # SASANGGEM #sasauran
- nyaho # TERANG # uninga
- pamajikan # BOJO # garwa/geureuha
- poho # HILAP # lali
- sare # MONDOK # kulem
- tanya # TAROS # pariksa
- tenjo # TINGAL # tingali
Conto kalimahna:
· Ari maneh balik ka lembur teh arek iraha?
· Dupi abdi WANGSUL ka lembur teh bade enjing bae.
· Dupi akang bade mulih ka lembur teh bade iraha?
Perhatikeun pisan pola di luhur:
A # B # C : A henteu sarua jeung B, B henteu sarua jeung C. Upama bae urang geus bisa merenahkeun ngagunakeun kecap-kecap nu ditulis ku aksara gede (kapital) nyaeta kecap-kecap nu kaasup basa Lemes keur Sorangan, urang geus henteu kudu salempang sieun salah nyarita ku Basa Sunda teh.

POLA II: A = B # C
Pola kadua mah nyaeta: A sarua jeung B, tapi B henteu sarua jeung C.
Digunakeunana KECAP LOMA/KASAR pikeun ka diri pribadi, pangpangna anu tumali jeung babagian awak saperti sirah, ceuli, huntu jste, eta kudu ngagunakeun kecap Loma/Kasar, contona:
- huntu = HUNTU # waos
- biwir = BIWIR # lambey
- irung = IRUNG # pangambung
- baju = BAJU # raksukan
- lalajo = LALAJO # nongton
- ngaji = NGAJI # ngaos
- nginum = NGINUM # ngaleueut
- puasa = PUASA # SAUM
- samping = SAMPING # sinjang
- ulin = ULIN # amengan
Conto kalimahna:
· Cenah kamari maneh nyeri huntu, enggeus ka dokter gigi acan?
· Abdi kamari nyeri HUNTU numawi teu tiasa dongkap ka kantor.
· Saurna bapa nyeri waos dinten kamari teh, kumaha ayeuna parantos damang?

POLA III: A # B = C

Pola katilu mah kecap anu digunakeun keur ka diri pribadi teh kudu sarua jeung kecap nu digunakeun keur batur. Jumlahna kaitung rada loba. Ieu keur sakadar conto:
- bungah # BINGAH = bingah
- eleh # KAWON = kawon
- kajeun # SAWIOS = sawios
- kungsi # KANTOS = kantos
- tepung # TEPANG = tepang
Conto kalimahna:
· Jang Iwan kacida bungaheunana dumeh meunang hadiah lebaran.
· Abdi kacida bingahna wireh kenging hadiah lebaran
· Ibu Aminah kalintag bingaheunana wireh kenging hadiah lebaran.
Jumlahna kaitung rada loba oge, malah karereanana mah geus arapal da mindeng digunakeun sapopoe.

POLA IV: A = B = C

Pola anu kaopat ieu mah teu kudu hese mikiranana. Nu kaasup pola nu kaopat ieu teh nya eta kecap bilangan, kecap pananya, kecap panunjuk, kecap tingkatan.
- aya = AYA = aya
- sabaraha = SABARAHA = sabaraha
- kumaha = KUMAHA = kumaha
- naon = NAON = naon
- itu = ITU = itu
- ieu = IEU = ieu
- kahiji = KAHIJI = kahiji
- kasapuluh = KASAPULUH = kasapuluh
.... jeung sajabana ti eta.

PANGJANGKEP TATAKARAMABASA

Ngagunakeunana Tatakrama Basa Sunda (UUBS) henteu lesot tina unsur nu ngarojongna, nya eta:
- Lentongna nyarita (gaya nyarita, intonasi).
- Pasemon.
- Rengkuh (gerakna awak).
- Tata busana.
Tapi nu jadi dadasar utama dina Tatakrama Basa mah nya eta itikad atawa kaweningan hate nu nyaritana. Kalemesan budi jeung rasa kamanusaanana. Hal ieu mah saenyana di luareun aspek basa. Tapi kacida nangtukeunana kana luhur-handapna ajen kamanusaan. Tatakrama raket tumalina jeung adat kabiasaan. Ku kituna dina ngagunakeunanana oge tangtu bae kudu nitenan kana adat kabiasaan di wewengkon masing-masing.

KAGUNAN (FUNGSI) BASA

Digunakeunana basa sabage alat komunikasi teh tangtu bae aya maksud jeung tujuanana, di antarana bae nyaeta:
1. Kagunan Kognitif. Tegesna basa teh digunakeun pikeun nepikeun elmu pangaweruh. Tatakrama basana oge kudu singget, eces jeung nyusun.
2. Kagunan Konatif/Persuasif. Tegesna basa teh digunakeun pikeun mangaruhan batur, supaya nurut kana kahayang nu nyarita.
3. Kagunaan Estetis. Tegesna basa teh digunakeun pikeun ngagambarkeun rasa kaendahan. Ieu oge aya tatakrama basana. Upamana bae kudu bisa gaya basa (stilistika). Nyusun kecap nu endah supaya nimbulkeun rasa endah pikeun nu macana/ngaregepkeunana.
4. Kagunan Fatis. Tegesna nuwuhkeun rasa kataji (hormat, simpatik). Carana nyaeta bisa nyusun kecap, intonasi jeung retorika (elmu nyarita).

CARA DIAJAR NGAGUNAKEUN TATAKRAMA BASA
Ngagunakeun tatakrama basa Sunda tangtu bae hasil tina diajar. Carana di antarana nya eta:
1. Sering merhatikeun batur nu basana luyu tur merenah (baik dan benar).
2. Sering maca buku nu beres susunan basana.
3. Aya sikep kritis waktu maca atawa mun ngabandungan batur nu keur cacarita.
4. Biasakeun nyarita ngagunakeun basa nu luyu tur merenah.
5. Keur latihanana kudu dibiasakeun nyarita ulah rusuh teuing, jadi aya kasempetan pikeun milih jeung nyusun kalimah.
Di masarakat mah kamampuh ngagunakeun Basa Sunda, pangpangna ngagunakeun Tatakrama Basa (UUBS) kacida pentingna. Kapan aya paribasa: Hade ku omong goreng ku omong. Basa mah henteu meuli. Basa mah leuwih seukeut tibatan pedang. Aya paribasa Arab: "Kuli lisani bil Insani" anu hartina "Tambah loba basa anu urang bisa, tambah luhur niley kamanusaanana".
Nurutkeun hasil Konferensi Internasional Budaya Sunda I (KIBS I) di Bandung jeung Kongres Basa Sunda VII di Garut, ditetepkeun yen Tatakrama Basa Sunda teh (UUBS) ngan aya dua Ragam/Tahap nyaeta:
1. Ragam BASA HORMAT, asal tujuanana nu nyarita teh hayang NGAHORMAT ka nu diajak nyaritana. Ku kituna henteu SALAH, atawa bisa dianggap BENER upama aya nu ngomong campur aduk ngagunakeun basa lemes keur batur, basa lemes keur Pribadi jeung basa lemes keur Budak, malah teu nanaon ngagunakeun basa lemes dusun/dialek oge.
2. Ragam BASA LOMA. Ieu mah nya nu saperti ilaharna bae nu disebut basa KASAR. Digunakeunana pikeun nyarita jeung papada nu geus loma. Ngan tangtu bae ari basa garihal/songong mah tetep henteu pantes digunakeun dina cacampuran anu sopan mah.
Kitu hasil putusan KIBS I jeung KBS VII teh. Tapi tangtu bakal aya bae masalah nu disanghareupan mah, di antarana nyaeta kumaha bahan ajarkeuneun di sakola-sakola, da kapan ari di sakola mah tetep kudu ajeg dina palanggeran anu normatif. Ngan nu tetela ku kitu ku kieu ari Basa Sunda mah tetep kudu dipiara jeung digunakeun.

Wednesday, June 10, 2009

Kata-Kata Hikmah

Kata-Kata Hikmah
“Pedoman untuk hati”
KATA -KATA HIKMAH KHULAFA’ AR-RASYIDIN

SAIDINA ABU BAKAR RADHIALLAHU ANHU BERKATA:

Orang yang bakhil itu tidak akan terlepas daripada salah satu daripada 4 sifat yang membinasakan iaitu:

1. Ia akan mati dan hartanya akan diambil oleh warisnya, lalu dibelanjakan bukan pada tempatnya atau;
2. hartanya akan diambil secara paksa oleh penguasa yang zalim atau;
3. hartanya menjadi rebutan orang-orang jahat dan akan dipergunakan untuk kejahatan pula atau;
4. adakalanya harta itu akan dicuri dan dipergunakan secara berfoya-foya pada jalan yang tidak berguna

SAIDINA UMAR AL-KHATTAB RADHIALLAHU ANHU BERKATA:

1. Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya

2. Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina
3. Orang yang menyintai akhirat, dunia pasti menyertainya
4. Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga

SAIDINA UTHMAN BIN AFFAN RADHIALLAHU ANHU BERKATA:

Antara tanda-tanda orang yang bijaksana itu ialah:

1. Hatinya selalu berniat suci
2. Lidahnya selalu basah dengan zikrullah
3. Kedua matanya menangis kerana penyesalan (terhadap dosa)
4. Segala perkara dihadapaiya dengan sabar dan tabah
5. Mengutamakan kehidupan akhirat daripada kehidupan dunia.

SAIDINA ALI KARRAMALLAHU WAJHAH BERKATA:

1. Tiada solat yang sempurna tanpa jiwa yang khusyu’
2. Tiada puasa yang sempurna tanpa mencegah diri daripada perbuatan yang sia-sia
3. Tiada kebaikan bagi pembaca al-Qur’an tanpa mengambil pangajaran daripadanya
4. Tiada kebaikan bagi orang yang berilmu tanpa memiliki sifat wara’
5. Tiada kebaikan mengambil teman tanpa saling sayang-menyayangi
6. Nikmat yang paling baik ialah nikmat yang kekal dimiliki
7. Doa yang paling sempurna ialah doa yang dilandasi keikhlasan
8. Barangsiapa yang banyak bicara, maka banyak pula salahnya, siapa yang banyak salahnya, maka hilanglah harga dirinya, siapa yang hilang harga dirinya, bererti dia tidak wara’, sedang orang yang tidak wara’ itu bererti hatinya mati


Sing Sabar sabari tawakal

Kamu punya apa?
Saya punya tangan untuk mengelus.
Saya punya hidung untuk bernafas.
Saya punya mulut untuk berkata-kata.
Saya punya telinga untuk mendengar.
Saya punya mata untuk melihat.
Saya punya waktu untuk diberikan kepada orang lain.

Semua orang juga punya itu, apa kelebihanmu?
Saya nggak punya kelebihan.
Saya nggak pinter, saya wong ndeso, temen saya nggak banyak, nggak ada yang bisa saya banggakan.

Kalo kamu nggak punya kelebihan, apa yang akan kamu katakan?
Yang ingin saya katakan adalah, tariklah nafas panjang, isilah kekosongan rongga tubuhmu dengan udara, dan eluslah dadamu sambil bilang "SABAR".
Setelah itu, lihatlah ke orang sekitarmu, dan dengarlah jeritan hati mereka, dan mengucap syukurlah.
Cuma itu, mengucap syukurlah.

"Sabar ya, ..."



Wednesday, April 22, 2009

THE MAD MAN IN INDONESIA GENERAL ELECTION

The Indonesian people had done general election to choose their Indonesian Legislative Assembly at 9th of March. We knew that many human fellows the Legislative Assembly, they want to growth of citizen safety. And they given out their money to whom are they wanted. By good oration, some candidates had promised to struggle of human right, safety, free education etc. but, after general election, some candidates that did not elect had a psychological blow, even, some of them become to a mad man. This is worst phenomenon in Indonesia general election, what had become of Indonesian Legislative Assembly candidates?
New candidates only want to power, they never think of safety, development, education and another. Why? Because what they done were showed some broken action, like political money was did by some candidates. Actually, not all candidates prepare to become Indonesian Legislative Assembly. They seem want to become a new hero in Indonesia crisis. When some candidates become mad mans after general election, they were showed if they become Indonesian Legislative Assembly never struggle of safety and development, or they will do corruption like the members of Indonesian Legislative Assembly before.
The mad mans in Indonesia general election were given us some learning that our nation democracy view is false. Why? Because our nation has good ideology it is Pancasila, not democracy. What are different between Pancasila and democracy as a nation ideology? Manys different from both those two ideologies. I will explain one point that differentiate between Pancasila and democracy, it is the first point of Pancasila is believe for one God, this matter as a morality law in the life nation, while democracy was based on free and free without limitation. So, Pancasila is not democracy, and democracy is not Pancasila, there are different from both, and we must believe it.

If the candidates had Pancasila view in their life, so there were not mad man after general election. That matter was embarrassed to our life nation. According to me, there two reasons were caused some candidates to become mad mans, are First bad example from government. Many government functionaries had done corruption, between some functionaries and other functionaries done dispute was published by mass media until all people knew their action like child, and another bad action from functionaries. If they show good example to people, I think never will mad mans in general election.
Second, some candidates have not a politic morality. Their actions were showed that they are bad candidates who should not be elected. Their quality was low. Does this reality will be continued in the next President election? From both reasons, the government is first caused from that phenomenon. Why? Because the government as an example and manager for life people and nation. The goodness of a government will vary with its adaption to the fundamental natures of persons and with the circumstances of their life.
When candidates had changed their life after general election, actually there was something wrong in their soul and mind. Those mad mans can not manage their selves, they ought to have a view politic morality as a basic their politic thinking. What is the politic morality politic? One answer to it is religion, because in the religion teaching has explaining that our life not only in the world, but to after here also. And what we do in this world will be asked for responsibility in the next life. They never give their soul zeal spiritual as a basic morality politic to make a good soul and mind.
Immanuel Kant was explained that morality is important thing for human life, he was told that morality not only a behavior, but it an obligation also in the human life. Besides that, morality as a rule for some action when we want to life with another. When morality lost from human soul, he will gets psychology blow. And this reality has happened in our soul candidates. So, we are not startled when we hear there are mad mans after general election. By this reality, there is last question do all candidates of Indonesia President have morality politic in their life? And we hope no mad man after next President election.
Written by: Luqman Fauzi*

Saturday, March 28, 2009

PUPUJIAN KANGJENG NABI

Gusti urang sadayana
Kangjeng Nabi anu mulya
Muhammad jenenganana
Arab Qurés nya bangsana

Ibuna Siti Aminah
ramana Sayid Abdullah
dibabarkeuna di Mekah
wengi Senén dinten Gajah

Rabi’ul Awal sasihna
tanggal kaduabelasna
April bulan Maséhina
tanggal kaduapuluhna

Ari bilangan tauna
lima ratus cariosna
tujuh puluh panambihna
sareng sahiji punjulna

Siti Aminah misaur
waktos babarna kacatur
ningal cahya mani ngempur
di bumina hurung mancur

Babar taya kokotoran
orok lir kénging nyepitan
soca lir kénging nyipatan
sarta harum seuseungitan

Keur opat taun yuswana
diberesihan manahna
Nabi dibeulah dadana
Malaikat nu meulahna

Jibril kadua réncangna
Mikail jenenganana
ngeusikeun kana manahna
élmu hikmat sapinuhna

Tuluy dada Kangjeng Nabi
gancang dirapetkeun deui
sarta teu ngaraos nyeri
dilap ku hotaman nabi

Nuju tanggal tujuh likur
bulan Rajab nu kacatur
nurut kaol anu mashur
Kangjeng Nabi téh disaur

Dipapag ku Malaikat
nyandak burok nu kasebat
leumpangna téh cara kilat
tungganganeun Nabi angkat

Ti Mekah ka Bétal Makdis
teu nganggo lami antawis
ku jalma henteu katawis
kersana Gusti nu wacis

Ti Bétal Makdis terasna
naék na tangga kancana
mi’raj téa kasebatna
ka langit Nabi sumpingna

Tujuh langit sadayana
jeung Arasy nu pangluhurna
disumpingan sadayana
katut surga narakana

Kangjeng Nabi ditimbalan
ku Gusti nu sifat Rahman
anjeuna kudu netepan
salat muji ka Pangéran

Kabéh jalma anu iman
sami pada kawajiban
salat nu lima giliran
henteu meunang dikurangan

Salat éta minangkana
dina agama tihangna
jalma nu luput salatna
nyata rubuh agamana

ÉLING-ÉLING DULUR KABÉH

Éling-éling dulur kabéh
ibadah ulah campoléh
beurang peting ulah weléh
bisina kaburu paéh

Sabab urang bakal mati
nyawa dipundut ku Gusti
najan raja nyakrawati
teu bisa nyingkiran pati

Karasana keur sakarat
nyerina kaliwat-liwat
kana ibadah diliwat
tara ngalakukeun solat

Kaduhung liwat kalangkung
tara nyembah ka Yang Agung
sakarat nyeri kalangkung
jasadna teu beunang embung