-

Thursday, November 04, 2010

Silsilah Keluarga dalam Istilah Sunda

1. Salaki (SUAMI dlm bhs indo) = Sebutan untuk laki-laki yang memimpin sebuah keluarga. Contoh: Romeo adalah SALAKI dari Juliet, Rama adalah SALAKI dari Shinta, Tri Hatmojo adalah SALAKI dari Pamela Anderson, dst.
2. PAMAJIKAN (istri) = Sebutan untuk perempuan yang menjadi pasangan "SALAKI". Contoh: Juliet adalah PAMAJIKAN dari Romeo.
3. ANAK (anak) = Sebutan untuk keturunan pertama dari sebuah keluarga. Contoh: Eka Ramdani, Dwi Astuti, dan Tri Hatmojo adalah ANAK dari pasangan Romeo dan Juliet. Pamela Anderson adalah ANAK dari Rama dan Shinta. Baim dan Fay Nabila adalah ANAK dari pasangan Hudson dan Jessica.
4. INCU (cucu) = Sebutan untuk keturunan kedua dari sebuah keluarga. Contoh: David Beckham, Brad Pitt dan Luna Maya adalah INCU dari pasangan Romeo dan Juliet.
5. BUYUT (cicit) = Sebutan untuk keturunan ketiga dari sebuah keluarga. Contoh: Megan Fox, Iteung dan Roy Suryo adalah BUYUT dari Romeo dan Juliet. Christian Sugiono adalah BUYUT dari Michael Jackson dan Dwi Astuti.
6. BAO (??) = Sebutan untuk keturunan keempat dari sebuah keluarga. Contoh: Christian Sugiono adalah BAO dari Romeo dan Juliet.
7. BAPA (bapak/ayah) = Sebutan untuk laki-laki yang menyebabkan terlahirnya sebuah keturunan. Contoh: Romeo adalah BAPA dari Eka, Dwi, dan Tri.


8. INDUNG (ibu) = Sebutan untuk perempuan yang menyebabkan terlahirnya sebuah keturunan. Contoh: Shinta adalah INDUNG dari Pamela Anderson.
9. AKI (kakek) = Sebutan untuk laki-laki yang merupakan orangtua dari Ayah atau Ibu. Contoh: Romeo adalah AKI untuk David Beckham, Brad Pitt dan Luna Maya.
10. NINI (nenek) = Sebutan untuk perempuan yang merupakan orangtua dari Ayah atau Ibu. Contoh: Juliet adalah NINI untuk David Beckham, Brad Pitt dan Luna Maya.
11. UYUT (??) = Sebutan untuk laki-laki atau perempuan yang menjadi orangtua dari AKI atau NINI. Contoh: Romeo dan Juliet adalah UYUT untuk Megan Fox, Iteung dan Roy Suryo.
12. BAO (??) = Sebutan untuk laki-laki atau perempuan yang menjadi orangtua dari UYUT. Contoh: Romeo dan Juliet adalah BAO-nya Christian Sugiono.
13. JANGAWARENG (????) = Orangtua dari BAO. Contoh: Romeo dan Juliet adalah JANGAWARENG-nya Gaston Castano.
14. UDEG-UDEG (?????) = Orangtua dari JANGAWARENG. Contoh: Romeo dan Juliet adalah UDEG-UDEG-nya Jessica.
15. KAKAIT SIWUR (??????) = Orangtua dari UDEG-UDEG. Contoh: Romeo dan Juliet adalah KAKAIT SIWUR-nya Baim dan Fay Nabila.
16. KARUHUN (sesepuh) = Sebutan untuk yang teratas (bisa jadi orangtua dari UDEG-UDEG kita) dalam silsilah keluarga dan sudah meninggal dunia.
17. ADI (adek) = Sebutan untuk saudara kandung yang umurnya lebih muda. Contoh: Fay Nabila adalah ADI-nya Baim.
18. LANCEUK (kakak) = Sebutan untuk saudara kandung yang umurnya lebih tua. Contoh: Baim adalah LANCEUK-nya Fay Nabila.
19. AMANG/EMANG (paman/om) = Sebutan untuk laki-laki yang menjadi adik dari orangtua. Contoh: Tri Hatmojo adalah AMANG/EMANG dari David Beckham dan Brad Pitt.
20. BIBI (bibi/tante) = Sebutan untuk perempuan yang menjadi adik dari orangtua. Contoh: Dwi Astuti adalah BIBI dari David Beckham.
21. UWA (????) = Sebutan untuk laki-laki atau perempuan yang menjadi kakak dari orangtua. Contoh: Eka Ramdani adalah UWA dari Brad Pitt.
22. ALO (keponakan) = Sebutan untuk anak dari kakak kandung. Contoh: David Beckham adalah ALO dari Dwi Astuti dan Tri Hatmojo.
23. SUAN (????)= Sebutan untuk anak dari adik kandung. Contoh: Brad Pitt dan Luna Maya adalah SUAN dari Eka Ramdani.
24. AKI TIGIGIR (???) = Sebutan untuk laki-laki yang merupakan adik atau kakak dari kakek atau nenek. Contoh: Tri Hatmojo adalah AKI TIGIGIR untuk Iteung dan Megan Fox. Eka Ramdani adalah AKI TIGIGIR untuk Iteung dan Roy Suryo.
25. NINI TIGIGIR (???) = Sebutan untuk perempuan yang merupakan adik atau kakak dari kakek atau nenek. Contoh: Dwi Astuti adalah NINI TIGIGIR dari Megan Fox dan Roy Suryo.
26. KAPI LANCEUK (kakak sepupu) = Sebutan untuk laki-laki atau perempuan yang merupakan anak dari kakak-nya orangtua (anak dari UWA). Contoh: David Beckham adalah KAPI LANCEUK-nya Brad Pit dan Luna Maya.
27. KAPI ADI (adik sepupu) = Sebutan untuk laki-laki atau perempuan yang merupakan anak dari adik-nya orangtua (anak dari AMANG/paman). Contoh: Luna Maya adalah KAPI ADI untuk Brad Pitt dan David Beckham. Brad Pitt adalah KAPI ADI untuk David Beckham.
28. ADI BEUTEUNG (adik ipar) = Sebutan untuk laki-laki atau perempuan yang menjadi adik dari pasangan. Contoh: Michael Jackson dan Pamela Anderson adalah ADIK BEUTEUNG buat Eka Ramdani.
29. LANCEUK BEUTEUNG (kakak ipar) = Sebutan untuk laki-laki atau perempuan yang menjadi kakak dari pasangan. Contoh: Eka Ramdani adalah LANCEUK BEUTEUNG untuk Michael Jackson dan Pamela Anderson.
30. MITOHA (mertua) = Sebutan untuk orangtua dari pasangan. Contoh: Rama dan Shinta adalah MITOHA untuk Tri Hatmojo. Romeo dan Juliet adalah MITOHA untuk Cinta Laura, Michael Jackson dan Pamela Anderson.
31. MINANTU (menantu) = Sebutan untuk pasangan dari anak kandung. Contoh: Cinta Laura, Michael Jackson dan Pamela Anderson adalah MINANTU-nya Romeo dan Juliet.
32. TUNGGAL (anak tunggal) = Sebutan untuk anak satu-satunya dari sebuah keluarga. Contoh: Pamela Anderson adalah anak TUNGGAL dari pasangan Rama dan Shinta.
33. CIKAL (????) = Anak Pertama dari sebuah keluarga. Contoh; Eka Ramdani adalah anak CIKAL dari Romeo dan Juliet. Baim adalah anak CIKAL dari pasangan Hudson dan Jessica.
34. PANENGAH (???) = Anak yang kelahirannya berada paling tengah diantara keseluruhan anak (berlaku untuk yang mempunyai anak dalam jumlah ganjil). Contoh: Dwi Astuti adalah anak PANENGAH dari Romeo dan Juliet.
35. PANGAIS BUNGSU (???) = Anak yang lahir sebelum anak terakhir (urutan kedua dari bawah, dan berlaku untuk keluarga yang mempunyai anak lebih dari dua). Contoh: Dwi Astuti adalah PANGAIS BUNGSU dari Romeo dan Juliet.
36. BUNGSU (bungsu) = Anak yang lahir paling akhir dari sebuah keluarga. Contoh: Tri Hatmojo adalah anak BUNGSU dari Romeo dan Juliet. Fay Nabila adalah anak BUNGSU dari Hudson dan Jessica.
37. ADI SABRAYNA (????) = sebutan untuk adik sepupu yang masih berada di jalur keturunan kakek dan nenek. Contoh: Roy Suryo dan Iteung adalah ADI SABRAYNA dari Megan Fox. Begitu juga anaknya Roy Suryo, Christian Sugiono (anaknya Iteung) adalah ADI SABRAYNA ntuk anak dari Megan Fox.
38. LANCEUK SABRAYNA (???) = sebutan untuk kakak sepupu yang masih berada di jalur keturunan kakek dan nenek. Contoh: Megan Fox adalah LANCEUK SABRAYNA dari Iteung dan Roy Suryo. Dan seterusnya.
39. BARAYA (kerabat) = Sebutan untuk saudara yang masih satu turunan, tapi sudah terlalu jauh urutannya. Contoh: Hudson adalah BARAYA dari buyutnya Megan Fox dan buyutnya Roy Suryo.
40. DULUR PET KU HINIS (saudara kandung) = Sebutan untuk saudara yang masih satu ibu dan satu bapak (saudara kandung). Contoh: Baim dan Fay Nabila. Eka Ramdani, Dwi Astuti dan Tri Hatmojo adalah DULUR PET KU HINIS.

Artikel yang Berkaitan

4 komentar:

hatur nuhun postinganna...
sae pisan!

Alhmdulilah masih keneh aya nu merhatoskeun kana silsilah/pancakaki urang sunda..haturnuhun kang Agus..!

-

Post a Comment