-

Sunday, May 29, 2011

Berburu Bakso Nikmat di Bandung Yuk!

Bandung - Pasti banyak yang jadi penggemar bakso. Di Bandung, tempat menjual bakso pun dapat dengan mudah ditemui, mulai dari kelas gang, sampai kelas rumah makan. Di siang terik seperti ini pasti asik menyantap bakso yang dibumbui sesuai selera. Berikut kami berikan beberapa rekomendasi untuk menyantap bakso.

Bakso Linggar Jati

Mie Bakso Linggar Jati di Jalan Balong Gede. Rumah makan ini sekitar 60 tahun yang lalu. Dulunya, tidak hanya berjualan mie, tapi ada juga makanan berat lainnya seperti nasi dan lauk pauknya. Karena tempat ini sering dikunjungi orang selepas nonton bioskop di kawasan alun-alun, akhirnya menu mie yang praktis jadi pilihan hingga kini. Tempat ini terkenal dengan mie babatnya dan alpukat tumbuk.

Babatnya terbuat dari babat jari. Mie dan baksonya buatan sendiri. Ciri khasnya, mie babat dinikmati dengan sambal tauco. Sedangkan untuk alpukat tumbuk memang tidak ada yang seperti ini di Bandung. Alpukatnya tidak diblender dan cukup ditumbuk sampai halus lalu disajikan dengan susu kental manis, sirup mocca dan es. Harga untuk satu porsi mie babat Rp 21 ribu dan untuk jus alpukat Rp 16 ribu.


Cuanki Dara Kembar

Lokasinya ada di Jalan Gajah No 41 Bandung, cuanki Dara Kembar ini disajikan di atas hot plate berbentuk ketel kecil yang terbuat dari tanah liat. Meski dikemas modern, namun ciri khas cuanki asli tidak hilang. Ikannya pun dibuat dari ikan tenggiri asli dengan ditambah bumbu rahasia Dara Kembar.

Uniknya, di cuanki Dara Kembar Anda bisa menikmati sajian cuanki dengan bacang. Tinggal minta disediakan bacang hangat kepada pelayan Dara Kembar. Namun bagi yang tidak suka bacang, jangan khawatir menyantap cuankinya saja pun sudah lezat. Harga satuan cuanki Rp 1500, sementara bacang dihargai Rp 3000.

Bakso Kaget

Baso dengan berbagai varian isi bukan lagi jadi sajian yang aneh. Tapi mungkin akan menjadi unik kalau konsumen sama sekali tidak tahu apa isi basonya. Apalagi kalau ternyata isinya adalah cabe rawit pedas berwarna kemerahan yang membuat mulut terasa meledak.

Sensasi seperti itulah yang akan Anda rasakan di Bakso Kaget Jalan Bungur (depan Hotel Karang Setra). Ada sekitar 9 varian isi antara lain baso granat berisi cabe rawit, baso udang, baso isi jagung, baso telur, baso isi jamur, baso cincang pedas juga baso keju. Setiap jenis baso dibuat ikonnya gambarnya sendiri.

Selain unik karena isinya tidak bisa ditebak, kuah Bakso Granat dibuat berbeda. Tak kurang dari 15 rempah dicampurkan sehingga beraroma kuat dan rasanya tidak terasa anyir.

Bakso Cutbray

Bertempat di tengah deretan FO di Dago menjadi keuntungan tersendiri bagi Bakso Cutbray. Tak heran yang datang ke kedai di Jalan Ir Juanda Dago nomor 94 ini kebanyakan pelancong dari luar kota. Secara rasa, Bakso Cutbray ini memang enak, meski tak terlalu istimewa. Kuahnya gurih, baksonya juga enak.

Harga Bakso Cutbray ini terbilang terjangkau. Ada bakso Solo, ada juga bakso Malang. Bisa beli persatuan bakso dan mie atau yang sudah sepaket. Tersedia dari bakso halus, bakso urat super, bakso isi keju dan bakso isi telor. Harga 1 bakso mulai dari Rp 1.500 hingga Rp 3.000. Untuk paket bakso mulai dari Rp 8.800 hingga Rp 19.500.

Kedai yang baru dibuka bulan Oktober lalu ini memiliki tempat yang bersih dan nyaman. Pembeli pun dapat melihat sendiri bagaimana bakso disiapkan pelayan dengan konsep open kitchen. Jadi, setelah berbelanja di FO, saatnya jajan bakso di Bakso Cutbray...

(tya/tya)


sumber : bandung.detik.com

Buzz It

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.