-

Saturday, July 23, 2011

Penataan Kota Cyber Creative Center Sebagai Etalase Cimahi

Kawasan Baros terus ditata menjadi etalase Kota Cimahi sebagai kota cyber yang mengedepankan sisi kreatif sumber daya manusia (SDM). Setelah sebelumnya didirikan gedung Baros Cyber Creative Center, kini sebuah hotel kelas internasional mulai dibangun. Memiliki ruang pertemuan berdaya tampung hingga 4.000 orang, bangunan baru ini diharapkan mampu mewadahi dan menyalurkan keunggulan kreatif kota.
"Cimahi tidak mungkin mengembangkan pembangunan fisik yang mengandalkan luas wilayah. Lahan di sini sangat terbatas. Potensi terbesar ada pada kreativitas SDM. Dan kawasan Baros ini akan menjadi etalase proses kreatif semacam itu," ujar Walikota Itoc Tochija saat meresmikan awal pembangunan Hotel Green Horison - Degreen Pasteur, di Baros, Sabtu (23/7).
Itoc berharap, kehadiran hotel bintang lima bertaraf internasional di kawasan Baros ini mampu menyokong keberadaan komunitas-komunitas kreatif kota. Dengan demikian, potensi kreatif yang ada di Cimahi semakin berkembang dan produktif. Bukan saja desain grafis, tapi juga budaya dan pariwisata.
Arsitektur Ridwan Kamil memaparkan, hotel dan ruang pertemuan dirancang dengan sistem aerodinamis dalam konsep futuristik. "Harapannya, gedung ini akan menjadi penanda baru di kawasan Bandung Raya, bahkan Indonesia, yang menonjolkan sisi-sisi kreatifnya," ucapnya.
Selain hotel dengan 395 kamar, juga akan dibangun ruang pertemuan yang mampu menampung 4.000 orang, disebut Baros International Convention Center. Kapasitas ini tergolong yang terbesar di kawasan Bandung Raya dan diharapkan mampu menjadikan Cimahi tuan rumah berbagai pertemuan skala besar, baik nasional maupun internasional.
Pembangunan di atas lahan seluas 3,2 hektare tersebut diperkirakan bakal menghabiskan dana hingga Rp 350 miliar. "Targetnya, projek tuntas pada akhir 2013 nanti," kata Direktur Utama PT. Triputra Karya Agung, Adrianto Trisnadi.

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment