-

Saturday, July 16, 2011

Surat Terbuka Ayah Sang 'Taliban Amerika' (2): Anakku Korban Plin-Plannya Politik Luar Negeri AS

Surat Terbuka Ayah Sang 'Taliban Amerika' (2): Anakku Korban Plin-Plannya Politik Luar Negeri AS

Berita,

Pada pertengahan Desember tahun 2001, media massa di Amerika Serikat seolah tak bosan-bosannya memberitakan tentang John Walker Lindh Phillip. Dia adalah warga negara AS yang turut berjuang menghadang invasi negaranya ke Afghanistan. Seluruh kehidupan pribadinya dikuliti, termasuk pilihannya pada Islam garis keras.

Siapa John Walker Lindh Phillip? Dia adalah mualaf, yang masuk islam saat berusia 16 tahun dan berganti nama menjadi Sulaiman Al Faris. Usianya meningjak 21 tahun ketika ia berbulat tekad pergi ke Afghanistan, bergabung dengan kaum Taliban. Teman-teman seangkatannya saat ini kebanyakan masih sibuk dengan urusan perkuliahan, pacaran, alkohol, narkotika dan hura-hura.


Lama berdiam dalam kebungkaman, ayah Sulaiman, Frank Lindh Phillip, buka suara. Pada harian
The Observer, ia menuliskan curahan hatinya. Tulisan ini adalah bagian dari empat petikan suratnya.


Benarkah anakku, John Walker Lindh Phillip, seorang Taliban? Aku menyangsikan, bahkan menentangnya.

Jauh sebelum John tiba di negara itu, Taliban Afghanistan  yang saat itu berkuasa terlibat dalam perang panjang melawan pasukan yang didukung Rusia,  dikenal sebagai Aliansi Utara. John dengan cepat diterima sebagai tentara relawan, dan menerima dua bulan pelatihan infantri di kamp militer Taliban sebelum dikirim ke garis depan.

Untuk dunia Barat, dan aku sebagai ayah John, memandang dia salah idealisme. Keputusan John untuk menjadi sukarelawan bagi tentara Afghanistan di bawah kontrol Taliban adalah ruam, dan gagal untuk memperhitungkan perlakuan Taliban terhadap warga negaranya sendiri.

Tapi penilaian tentang panglima perang Aliansi Utara bukanlah berlebihan atau tidak akurat. Pelanggaran hak asasi manusia yang brutal yang dilakukan oleh Aliansi Utara yang menyeluruh didokumentasikan oleh laporan HAM Departemen Luar negeri AS, termasuk pembantaian, pemerkosaan (baik perempuan dan anak-anak), penyiksaan, dan pengebirian.

Dari waktu invasi Uni Soviet pada tahun 1979, puluhan ribu pemuda Muslim dari seluruh dunia telah dengan sukarela, seperti yang John lakukan, untuk memberi layanan militer di Afghanistan. Itu sebanding dengan masuknya tentara sukarelawan muda dalam mendukung republik Spanyol selama perang sipil Spanyol.

Para prajurit muda inilah yang secara heroik berhasil mengalahkan Uni Soviet. Administrasi Presiden Ronald Reagan, yang menjabat dua minggu sebelum kelahiran John pada awal 1981, mendukung mereka.

Pada bulan Maret 1982, Presiden Reagan menyatakan, "Setiap negara dan setiap orang memiliki andil dalam perlawanan di Afghanistan, membantu para pejuang kebebasan Afghanistan membela prinsip-prinsip kemerdekaan dan kebebasan yang membentuk dasar dari keamanan global dan stabilitas."

Pada Maret 1983, ia menyebutkan "para pejuang kemerdekaan Afghanistan" sebagai "contoh untuk seluruh dunia bahwa cita-cita kebebasan dan kemerdekaan mengalahkan segalanya."

Dalam pidato bulan Maret 1985, ia berkata, "Mereka adalah saudara-saudara kita, para pejuang kebebasan, dan kita berhutang mereka membantu kita ... Mereka adalah setara moral Bapak Pendiri Bangsa kita."

John tak menutup mata atas fakta ini. Ia juga tak menutup mata atas laporan Deplu AS tanggal 21 Juli 2000, yang mengeluarkan "lembar fakta" yang melaporkan bahwa AS adalah "donor tunggal terbesar bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan".

AS juga memberikan bantuan ekonomi yang besar pada Pemerintah Taliban. Pada bulan Mei 2001, misalnya, Pemerintah Amerika di bawah Presiden George W Bush mengumumkan hibah sebesar 43 juta dolar AS untuk pemerintah Taliban untuk pemberantasan opium. Menteri Luar Negeri Colin Powell secara pribadi mengumumkan hibah dirinya dalam siaran pers berjanji, "Kami akan terus mencari cara untuk memberikan bantuan lebih ke Afghanistan."

Ini tidak berarti AS sepenuhnya bersahabat dengan Taliban. Pada tahun 1999, Presiden Clinton ditempatkan Pemerintah Taliban di bawah sanksi ekonomi sebagai konsekuensi dari pelanggaran hak asasi manusia, terutama terhadap perempuan. Tapi tidak ada permusuhan antara AS dan Taliban, dan pada tahun 2001 hubungan membaik.

Tapi setelah tragedi 11 September, 30 tahun kebijakan Amerika tiba-tiba berubah dan Amerika berayun ke sisi yang berlawanan.

Taliban menjadi musuh kita. "Mereka selalu menjadi musuh kita", adalah keyaninan baru yang ditanamkan pada publik AS.

Pada bulan Oktober 2001, AS menginvasi Afghanistan, bergandeng dengan Aliansi Utara dalam rangka menggulingkan Pemerintah Taliban. Siaran pers Colin Powell  diam-diam dihapus dari situs web Deplu.

Pada awal September 2001, sehari sebelum Tragedi 11 september, John tiba di pos militer di provinsi Takhar di sudut timur laut jauh dari Afghanistan, dekat perbatasan Tajikistan. Ini adalah garis depan dalam perang saudara antara Taliban dan Aliansi Utara.

John membawa senapan dan dua granat tangan - senjata standar untuk seorang tentara infanteri. Dia melakukan tugas berjaga dan juga memasak untuk pasukan Taliban. Namun, dia tidak pernah menggunakan senjata itu, karena selanjutnya, bersama beberapa relawan asing, ia masuk dalam korp Anshar, istilah untuk para "pembantu" tentara.

Kamp pelatihan di Afghanistan di mana Ansar menerima pelatihan infanteri didanai oleh Osama bin Laden, yang juga mengunjungi kamp secara teratur. Dia dianggap oleh tentara relawan sebagai pahlawan dalam perjuangan melawan Uni Soviet.

Para prajurit tidak menduga keterlibatan Bin Laden dalam perencanaan serangan 9 / 11, yang dilakukan secara rahasia. (Bersambung)


sumber : www.republika.co.id

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment