-

Saturday, August 06, 2011

Museum Sri Baduga Ditutup Dua Bulan

Museum Sri Baduga Bandung akan ditutup selama dua bulan, mulai akhir Agustus hingga akhir Oktober 2011. Penutupan museum tersebut dilakukan sementara selama renovasi ruang pamer museum.

"Kami berencana akan merenovasi ruang pameran, dan selama pembangunan, museum ditutup sementara," ungkap Kepala Balai Museum Sri Baduga Bandung, Drs. Prama Putra yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/8/2011).

Disebutkan Prama, seluruh biaya renovasi ini berasal dari pusat, yakni dari Direktorat Permuseuman dengan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar. Jika dilihat anggaran sebesar itu, menurut Prama, Direktorat Permuseuman ingin menjadikan Museum Sri Baduga sebagai contoh pembangunan museum berkelanjutan dan akan dijadikan sebagai barometer museum di Indonesia.

"Sebenarnya museum-museum di daerah lain menerima anggaran lebih dari Rp 5 miliar sampai Rp 6 miliar. Jumlah tersebut sekaligus untuk pembangunan fisik museum," ujarnya.

Sementara untuk Museum Sri Baduga, katanya, hanya penataan ulang ruang pamer saja tanpa ada pembangunan fisik. Saat ini, tambahnya, baru masuk proses lelang ke Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang dilakukan Pemprov Jabar.

Setelah direnovasi, lanjut dia, pameran tetap diberlakukan paling lama 1 sampai 2 tahun, sehingga tidak akan menimbulkan kebosanan

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment