-

Tuesday, August 30, 2011

Terlambat, Puluhan Warga Gelar Solat Id Sendiri

Bandung - Ada yang menarik dalam Pelaksanaan Salat Id di Lapangan Softball Lodaya, Jalan Banteng, Selasa (30/8/2011). Karena banyaknya jamaah yang datang terlambat akibat parkir kendaraan yang jauh dari lokasi salat, ada puluhan jamaah yang kemudian menggelar Salat 2 rakaat sendiri di jalan setelah mengetahui Salat Id telah usai.

Hal itu diungkapkan Panitia Pelaksanaan Salat Id Muhammadiyah yang juga Wakil Sekretaris Badan Ta'mir Masjid Raya Muhajidin Sani Sonjaya pada wartawan.

"Tadi banyak yang protes karena ternyata masih banyak yang berdatangan saat salat dilaksanakan," kata Sani.

Ia pun menyampaikan permintaan maafnya atas banyaknya jamaah yang tidak bisa mengikuti Salat Id. "Karena kita juga punya deadline untuk melaksanakan salat Id ini. Harus dilakukan pukul 06.30 WIB," katanya.

Keterlambatan para jamaah diakibatkan karena jauhnya jarak antara parkir dan lokasi salat. Saat koordinasi dengan pihak kepolisisan sebelumnya, kata Sani, jalan yang ditutup hanya Jalan Buah Batu, namun pada kenyataannya sampai ke Universitas Langlang Buana (Unla).

Pantauan detikbandung, mobil-mobil diparkir di tengah badan jalan. Kondisinya sama seperti saat arus lalu-lintas saat terjadi macet, hanya saja ini tak ada sopir maupun penumpangnya.

Sani mengatakan, dirinya menerima informasi bahwa sampai ada puluhan jamaah yang menggelar salat sendiri setelah tahu ketinggalan salat. "Katanya ada yang bikin salat sendiri. Jumlahnya sekitar 30 orang, bikin 5 shaf lalu salat sunat 2 rakaat. Saya jadi enggak enak sebagai panitia. Dosa enggak yah panitia. Semoga Allah mengampuni saya yah," katanya sambil tersenyum.

Di lokasi tersebut memang terlihat jamaah banyak yang salat di luar area. Mereka bahkan salat di luar lapangan. Padahal menurut perhitungan panitia, Lapangan tersebut bisa menampung jamaah seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kita sebelumnya berkhusnudzon akan cukup. Karena malah biasanya hanya dipakai setengah lapangan. Pagar di tengah itu biasanya tidak dibuka. Tapi ternyata membeludak," tuturnya.


(tya/ern)


sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment