-

Monday, August 22, 2011

Tongkol Setan Kuartet S Pas Bagi Penggila Pedas

Bandung - Sesuai namanya 'Tongkol Setan', rasa pedas penganan satu ini memang enggak nahan. Tapi bagi Anda yang tidak terlalu suka pedas, jangan khawatir Tongset ini ada beberapa level kepedasan.

Level terendah ditandai S. Sementara level paling tinggi kuartet S (SSSS). Di antara keduanya masih ada dua level, yaitu SS dan SSS. Saran dari si pembuat, jangan mencoba yang SSSS jika tidak kuat pedas karena jumlah cabai rawit dan cabai keriting yang digunakan sangat banyak.

Tongset buatan Esti 'Cherrybombshell' (band indie di Bandung-red), dijual mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu, tergantung tingkat kepedasan.

Selain bagi pencinta pedas, Tongset ini juga cocok bagi yang selama ini alergi konsumsi ikan tongkol. Biasanya bagi yang alergi mereka gatal-gatal atau menjadi batuk setelah santap tongkol. Namun Esti menjamin, Tongset buatannya tak menimbulkan alergi.

Menurut Esti, Tongset yang ia buat berbahan dasar ikan tongkol dengan kualitas baik. Ada dua kali proses hingga menghasilkan ikan tongkol yang siap dibuat Tongset.

"Yang bikin gatelnya dan anyir itu kan yang item-itemnya. Kita ngambilnya daging-dagingnya saja yang berwarna putih," tutur Esti.

Esti memang tidak menjamin tidak akan gatal. Tapi berdasarkan pengalaman, sejauh ini tidak ada yang protes Tongset buatannya biki gatal. "Banyak yang alergi, setelah menyantap Tongset buatan Esti enggak gatel-gatel. Enggak usah khawatir, sejauh ini enggak ada yang complain," ungkapnya.

Menurut Esti tongset buatannya tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga hanya bisa tahan empat hingga lima hari. Masukkan saja ke dalam lemari es, dan hangatkan jika ingin menyantapnya.

Untuk menghangatkan, bisa dikukus, digoreng, dan dicampur dengan makanan lain. Esti biasanya memakan Tongset ini sebagai campuran mie rebus, atau dicampur dengan sayur asem yang dingin.

"Kita pengen orang-orang berkreasi dengan Tongset ini," ujar Esti yang terjun langsung untuk memasak Tongset ini.

Untuk warga Ujungberung Tongset bisa didapat langsung dari dapur Esti. Datang saja ke rumahnya di Jalan Jatiluhur 7 Blok D 3 No 17, Komplek Pasirjati, Cijambe Bandung. Atau Anda yang tinggal di Kota Bandung bisa pesan dan menunggu pesanan Tongset tiba di rumah, cukup bayar Rp 10 ribu.


(avi/ern)


sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment