-

Friday, September 16, 2011

Ratusan Kios di Pasar Gede Bage Ludes Dilalap Api

Bandung - Ratusan kios di Pasar Gede Bage ludes dilalap api akibat kebakaran yang terjadi Jumat (16/9/2011). Kios yang terbakar tersebut berada di bagian barat belakang, ada enam blok yang tersusun dalam tiga lajur yang terbakar. Masing-masing lajur terdapat 48 kios.

"Yang terbakar itu ada enam blok. Ada tiga lajur, satu lajurnya 48 kios, jadi ratusan kios yang terbakar," ujar Ketua Pesat Pasar Gede Bage M Rahmat saat ditemui di lokasi kebakaran, Jalan Soekarno Hatta.

Ia menuturkan, enam blok tersebut dikhususkan untuk pedagang buah. Namun ia mengakui, banyak yang kemudian menjadikan kios di enam blok tersebut sebagai gudang pakaian.

"Waktu kejadian, kebanyakan kiosnya tutup, karena kan ini banyak yang cuma jadi gudang saja," katanya.

Lahan yang ditempati para pedagang tersebut disebutkan rahmat bukan milik pemkot Bandung melainkan milik swasta, yaitu PT Ginanjar Saputra. Lebih lanjut Rahmat mengungkap, dua bulan lalu atau sebelum bulan puasa, pedagang rencananya akan direlokasi.

"Karena kontraknya kan 20 tahun, itu akan habis Desember nanti. Kita sekarang lagi mengurus surat kepemilikan dengan PT Ginanjar Saputra," katanya.

Rahmat mengungkap perputaran uang di Pasar Gede Bage ini bisa mencapai 700 juta per hari. Akibat kebakaran ini, ia menaksir kerugian mencapai Rp 1 miliar lebih.

Pantauan detikbandung, hingga pukul 13.00 WIB, mobil pemadam kebakaran masih bolak-balik untuk melakukan pendinginan.

(tya/ern)


sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment