-

Wednesday, October 12, 2011

Banana Leaf, Botram Ala India Selatan


Bandung - Orang Sunda pasti sudah pernah menyantap nasi lengkap dengan lauk pauk yang dialasi dengan daun pisang. Biasanya disebut acara makan bersama atau botram. Nasi yang disajikan biasanya nasi liwet, dengan ikan asin, lalapan serta sambal terasi.

Ternyata tidak hanya orang sunda saja yang gemar makan dengan alas daun pisang. Orang India, tepatnya India selatan juga punya kebiasaan makan beralas daun pisang.

Seperti yang ada di Rumah Makan K99 Curry House di Jalan Pasteur. Di sana menyediakan paket Banana Leaf full set meal.

Sesuai namanya, menu makanan ini disajikan bukan dengan piring, tapi pakai daun pisang. Satu paketnya terdiri dari nasi putih atau nasi briyani, empat macam sayuran, pilihan daging seperti ayam atau kambing.

"Kita tidak menyediakan sapi karena sapi itu di India itu dianggap suci," ujar Manager K99 Curry House, Kartika, kepada detikbandung.

Tak asing melihat nasi Briyani, karena mirip seperti nasi kuning. Tapi warna kuning yang dihasilkan bukan berasal dari kunyit, melainkan dari Saffron. Saffron adalah salah satu jenis rempah yang berasal dari Spanyol.

"Dapetnya cukup sulit, jadi harganya lumayan mahal," curhatnya.

Di India Selatan, hampir setiap acara pernikahan tradisional, atau kumpul-kumpul sudah pasti ada menu Banana Leaf ini. Di Bandung sendiri, biasanya yang datang ke K99 Cury House ini yakni mahasiswa dari Malaysia, Ekspatriat India, dan eksekutif muda yang pernah bekerja di Malaysia atau Singapura.

"Makanan India ini sudah umum di Malaysia atau Singapura," kata Kartika.
sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment