-

Friday, October 28, 2011

Dokter RSHS: Sangat Mungkin Serentak Kena Virus Hepatitis A

Bandung - Kepala Ilmu Penyakit Dalam RSHS yang juga merupakan spesialis penyakit menular dr Primal Sudjana menyatakan terpaparnya puluhan mahasiswa Universitas Parahyangan (Unpar) oleh virus Hepatitis A secara serentak, sangat memungkinkan. Penularannya bisa melalui makanan, air yang diminum, serta berdekatan dengan yang positif hepatitis A.

Seperti diberitakan sebelumnya, sekitar 40 mahasiswa Unpar dirawat di RS Borromeus secara bersamaan pada tanggal 6 dan 7 Oktober. 12 di antaranya dinyatakan positif Hepatitis A. Sementara sisanya ada yang baru gejala ada juga yang keracunan obat.

"Virus Hepatitis A itu menular melalui makanan. Bisa juga dari air yang diminum. Jadi mungkin saja ada sekelompok orang yang tinggal di lingkungan yang sama atau berdekatan terkena penyakit yang sama," ujar Primal saat dihubungi detikbandung via telepon selulernya, Kamis (27/10/2011).

Untuk mengantisipasi penyebarannya, warga pun diminta memperhatikan kebersihan makanan serta tangan sebelum makan. Primal juga menyarankan agar warga setempat segera melapor ke Dinkes Kota Bandung.

"Untuk menelusuri ini mudah, karena kan yang terjangkit di lokasi yang sama. Jadi nanti petugas bisa periksa penyebaran virus hepatitis A di tempat itu karena apa," ujarnya.

Meski tak berbahaya seperti Hepatitis B atau hepatitis C, penyakit Hepatitis A juga dinilai penting untuk segera diobati. "Kalau tidak segera ditangani, kuningnya bisa lama," katanya.

Ciri-ciri orang yang terkena penyakit hepatitis A ini di antaranya mengalami demam, air kencing berwarna seperti teh, dan mata kekuningan. "Kalau sudah melihat air kencingnya seperti teh, langsung periksakan ke dokter. Apalagi kalau tahu temannya juga sudah terkena," tutur Primal.

(tya/ern)
sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment