-

Monday, November 14, 2011

Bandung Raya Masuki Musim Hujan


BANDUNG, (PRLM).- Saat ini, wilayah Bandung Raya sudah memasuki musin hujan. Pada umumnya curah hujan rata-rata sudah diatas 100 milimeter. Puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi pada akhir Januari 2012.
Demikian dikatakan prakirawan Annie Hanifah dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, kepada "PRLM" di sela-sela acara Pelatihan Peningkatan Informasi Iklim (PPII) Provinsi Jabar tahun 2011 di Bandung, Selasa (8/11).
"Dilihat trennya, wilayah Bandung Raya sekarang ini sedang memasuki masa hujan," katanya.
Menurut Annie, dilihat dari curah hujan yang terjadi pada dasarian III Oktober 2011, untuk beberapa daerah di Bandung, sudah lebih dari 50 milimeter, kecuali daerah Cileunyi. Begitu juga, saat dilihat curah hujan pada dasarian satu November 2011, meskipun masih kurang dua hari, tetapi curah hujannya pada umumnya sudah mencapai di atas 100 milimeter, kecuali di daerah Cemara masih 56,7 milimeter.
"Tapi kalau dilihat di daerah lainnya seperti Cileunyi yang mewakili Bandung Timur pada pengukuran Selasa (8/11) pagi mencapai 104,5 milimeter. Sedangkan Senin (7/11), Padalarang mewakili Bandung Barat curah hujannya mencapai 115,5 milimeter dan Baleendah yang mewakili Bandung Selatan curah hujannya sudah mencapai 162 milimeter," ucapnya.
Apalagi di daerah Lembang kata Annie yang mewakili Bandung Utara, curah hujannya sudah mencapai 190,2 milimeter. Salah satu ciri terjadi musim hujan, bila dalam satu dasarian curah hujannya mencapai di atas 50 milimeter yang diikuti dua dasarian berikutnya.
Menurut Annie, di wilayah Bandung, musim hujan diperkirakan akan berlangsung dari Oktober hingga Mei. Puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi pada akhir Januari 2012.
"Meski demikian perlu diwaspadai juga pertengahan Februari, Maret dan April karena diperkirakan curah hujannya masih tinggi," ucapnya. (A-62/A-88)***
sumber : www.pikiran-rakyat.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment