-

Monday, November 28, 2011

Manggo Salad, Rujak ala Thailand

Bandung - Cita rasa buah mangga tidak ada tandingannya. Mau asam atau manis, mangga selalu menjadi favorit untuk diolah menjadi berbagai macam masakan. Seperti di Thailand, buah mangga dibuat menjadi olahan dessert unggulan, yakni Manggo Salad.

Meski dinamai salad, namun makanan khas negara berjuluk Gajah Putih ini tidak seperti salad western yang umumnya memakai mayonaise sebagai saos. Rupa Manggo Salad ini seperti rujak cuka, rasanya pun lebih menyerupai rujak karena menggunakan irisan cabai rawit.

Manggo Salad di Thailand ini dibuat menggunakan basic sauce dari campuran air, kecap ikan, dan gula merah yang direbus di atas api kecil selama kurang lebih dua jam.

Basic Sauce ini selanjutnya dituangkan di atas buah mangga yang diiris panjang-panjang seperti mie, yang ditaburi dengan irisan bawang merah, dan terakhir ditaburi dengan kacang tanah yang sudah disangrai.

"Untuk membuat Manggo Salad ini memang susah-susah gampang, terutama untuk basic sauce-nya karena harus direbus di atas api kecil selama dua jam," kata Leader Thai Food Straits Kitchen, Ali Ilham.

Ali juga mengatakan, mangga yang digunakannya cukup mudah dicari, yakni mangga arum manis yang masih muda, sehingga memiliki sedikit sensasi rasa asam yang segar dipadukan dengan rasa gurih dari basic sauce.

Di Thailand sendiri, Manggo Salad ini biasa disajikan sebagai dessert segar dan disantap setelah menikmati appetizer yang mayoritas terbuat dari sea food.

(avi/ern)

sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment