-

Thursday, November 03, 2011

Sebagian Jabar Masuki Musim Hujan

BANDUNG, (PRLM).- Sebagian besar wilayah Jawa Barat, saat ini sudah mulai memasuki awal musim hujan. Puncak musim hujan diperkirakan Februari atau Maret 2011. Demikian dikatakan prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Annie Hanifah kepada â€Å“PRLM” di kantornya, Jln. Cemara Bandung, Selasa (1/11).

â€Å“Namun ada juga yang baru memasuki musim hujan Desember 2011, seperti Indramayu barat bagian utara, Subang utara bagian timur, Indramayu timur bagian utara, Karawang bagian tengah, Bekasi utara bagian timur, Karawang/Bekasi bagian utara, Indramayu timur bagian selatan, Cirebon bagian utara, Majalengka bagian utara, Cirebon bagian utara yang berbatasan dengan Majalengka bagian utara,” katanya.

Menurut Annie, sifat hujan bulan November 2011 di sebagian besar wilayah Jabar diperkirakan normal. Sementara itu, daerah di Jabar yang diperkirakan sifat hujannya di atas normal terjadi di Bogor utara bagian tengah, sebagian kecil Bekasi utara, sebagian kecil Karawang utara bagian barat.

â€Å“Selain itu sifat hujan di atas normal terjadi di Purwakarta selatan, sebagian kecil Bandung utara, Subang selatan dan utara bagian timur, Indramayu utara bagian barat dan Cirebon selatan,” ucapnya.

Penentuan awal musim hujan tambah Annie biasanya yang dipakai sebagai ukuran adalah curah hujan yang terjadi pada satu daerah. Bila dalam dasaria pertama yang diikuti dasaria kedua dan ketiga curah hujannya masing-masing diatas 50 milimeter. Atau total curah hujan dasaria pertama sampai dasaria ketiga di atas 150 militer maka bisa dikatakan awal musim hujan telah mulai di daerah tersebut. (A-62/A-26).***
sumber : www.pikiran-rakyat.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment