-

Saturday, December 03, 2011

Jembatan Pasupati Aman Dilalui

Dua jembatan layang yang melintas di wilayah Kota Bandung, yaitu jembatan Pasupati (Pasteur-Surapati) dan Kiaracondong dinyatakan aman untuk dilalui. Karena itu, masyarakat diminta tidak perlu khawatir saat melintas di dua jembatan layang tersebut.

"Jembatan layang Pasupati dan Kiaracondong secara visual dinyatakan aman," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bandung-Cileunyi-Jatinangor, Indra Maha saat dihubungi "GM", Senin (28/11) malam. Pernyataan Indra tersebut untuk menghilangkan rasa waswas masyarakat, menyusul ambruknya jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) di Kalimantan Timur, akhir pekan kemarin.

Menurut Indra, pemeriksaan terhadap jembatan yang berada di Kota Bandung, khususnya jembatan Pasupati dilakukan secara rutin. "Pemeriksaan kita lakukan setiap hari, tidak hanya setelah ambruknya jembatan Kukar. Setiap hari anggota kita melakukan pemeriksaan mulai dari corat-coret, dan sekecil apa pun anggota lapangan pun melaporkannya kepada kita," ujarnya.

Ia mengakui, dari pemeriksaan yang dilakukan setiap hari oleh petugas, tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan yang mengarah pada terjadinya musibah seperti pada kasus jembatan Kukar.

"Sepanjang pemeriksaan kita belum menemukan sesuatu yang dapat mengakibatkan kerusakkan di jembatan tersebut. Untuk jembatan Pasupati, saya kira tidak akan terjadi seperti di jembatan Kukar," ujarnya.

Namun untuk memastikan keamanan struktur bangunan Pasupasti, kata Indra, pihaknya terus memantau dan memeriksa jembatan tersebut.

Ia menyebutkan, selain Pasupati, jembatan besar lain yang secara visual telah diperiksa dan dinilai masih aman yaitu jembatan layang Kiaracondong.

"Secara struktur jembatan yang ada di Bandung kondisinya masih baik. Masyarakat tidak perlu khawatir. Hanya saja, kendaraan juga harus memperhatikan tonase saat melintas di atas jembatan. Jangan melewati batas," pintanya. (B.115)** sumber : (GALAMEDIA)

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment