-

Tuesday, December 27, 2011

Pemprov Jabar Dapat Jatah DIPA Rp 30,9 Triliun dari Pusat


Bandung - Pemerintah pusat mengucurkan daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2012 sebesar Rp 30,9 triliun kepada Pemprov Jabar. DIPA yang diserahkan langsung oleh Presiden SBY kepada Gubernur Jabar Ahmad Heryawan itu, akan diprioritaskan untuk pendidikan, kesehatan, dan pembangunan infrastruktur di Jabar.

"Kami sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih. Karena dengan diterimanya DIPA lebih awal, maka pelaksanaan pembangunan di Jawa Barat bisa dilaksanakan tepat waktu sesuai dengan perencanaan. Dengan demikian hasil pembangunan diharapkan maksimal dapat dinikmati masyarakat," ujar Heryawan dalam rilis yang diterima detikbandung, Rabu (21/12/2011).

Lebih jauh Heryawan menjelaskan, alokasi DIPA sebesar Rp 30,9 triliun itu, selanjutnya didistribusikan ke sejumlah instansi, baik vertikal maupun horisontal. Untuk instansi vertikal seperti Pengadilan, Kejaksaan, TNI, Polri, serta perguruan tinggi yang ada di daerah langsung ditransfer dari Kementerian Keuangan ke rekening masing-masing. Sedangkan untuk instansi horisontal seperti Pemerintah Kota/Kabupaten akan diserahkan Gubernur.

"Kita akan sesegera mungkin menyerahkannya kepada seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat," imbuhnya.

Adapun alokasi DIPA untuk Jabar akan diprioritaskan pada beberapa program yang menyangkut kepentingan umum. Misalnya pendidikan, alokasinya mencapai Rp 6 triliun dan bidang infrastruktur sebesar Rp 3,5 triliun. Sementara itu alokasi yang juga penting yakni bidang kesehatan.

"Agar penggunaan anggarannya, harus memperhatikan faktor-faktor prioritas. Penekanannya yakni, masing-masing daerah diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat, mendorong iklim investasi, juga dengan belanja infrastruktur harus segera dikeluarkan untuk menggerakkan roda perekonomian, ekspor harus lebih surplus daripada impor. Presiden juga berpesan agar penggunaan anggaran ini diawasi dengan baik agar benar-benar tepat sasaran," tegas Heryawan.
(ern/ern)
sumber : bandung.detik.com 

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment