-

Wednesday, January 04, 2012

Asyiknya Berburu Nanas 'Si Madu' di Lembang


Bandung - Selain memiliki ketan bakar dan tahu yang khas, Lembang juga dikenal dengan deretan pedagang buah nanas di pinggir jalannya. Bedanya dengan nanas yang lain, nanas yang dijual di Lembang disebut Nanas 'Si Madu' karena rasanya manis, banyak airnya, dan segar.

Nanas yang satu ini lebih gendut dari nanas yang umumnya. Bibitnya dari Brazilia dan sukses ditanam di Subang. Salah satu jenis nanas yang berasal dari Brazilia dan sukses ditanam di Indonesia adalah nanas Subang. Di daerah tersebut banyak terdapat sentra perkebunan nanas.

Nanas Subang memiliki ciri khas ukurannya yang lebih besar dan gendut dibanding nanas jenis lainnya. Tekstur buahnya berwarna kuning cerah, dengan sedikit serat sehingga lebih enak dimakan. Nanas Subang juga disebut dengan nanas madu karena rasanya yang memang manis seperti madu. Berbeda dengan nenas lainnya yang biasanya cenderung asam-asam manis.

Tapi Anda tak perlu jauh-jauh ke Subang untuk menikmati buah ini, karena hampir di sepanjang Jalan di lembang, banyak yang menjual buah ini.
Buahnya yang berkulit tebal dengan warna kulit hijau kekuningan bersisik biasanya dijual dengan cara digantung-gantung dengan tali. Harganya cukup beragam, dijual mulai dari Rp 5.000 ke atas tergantung besar kecilnya nanas.

"Ini memang sudah khas di Subang dan Lembang, kebanyakan dari luar kota Bandung yang beli ke sini," ujar Sunarya, penjual nanas di sepanjang Jalan Raya Lembang kepada detikbandung, Minggu (1/1/2012).

Eh jangan lupa tawar harga untuk dapat harga miring. Selamat berburu 'Si Madu'.
sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment