-

Sunday, January 22, 2012

Pramuka Bangun Pendidikan Karakter Generasi Muda


Bupati Bandung, Dadang M. Naser menyatakan, Pramuka merupakan wadah generasi muda untuk pendidikan karakter. Pendidikan yang berbasis di luar sekolah ini memiliki tugas dan tanggung jawab dalam membina generasi muda.

"Di era globalisasi dan kemajuan teknologi seperti saat ini, Pramuka tetap memiliki arti penting sehingga harus secara terus-menerus dilakukan dalam rangka membangun rasa cinta Tanah Air di kalangan remaja," kata Dadang di Baleendah, belum lama ini.

Ia berharap, gerakan Pramuka di Kab. Bandung bisa memiliki kharisma dan daya tarik tersendiri bagi para remaja, sehingga mereka berminat masuk organisasi kepramukaan.

Menurutnya, gerakan Pramuka dituntut mampu merevitalisasikan tugas dan fungsinya melalui program nyata. Hal tersebut, menurutnya, dapat diaktualisasikan melalui keaktifan Pramuka Kab. Bandung dalam mengikuti even-even seperti Jambore Nasional, agar bisa menjadi garda terdepan dalam membawa nama baik daerah.

"Saya menilai, Jambore Nasional merupakan ajang perkenalan sekaligus pembelajaran dalam meningkatkan prestasi Pramuka Kabupaten Bandung di tingkat nasional. Oleh karenanya, pergunakan momentum tersebut dengan sebaik-baiknya," tutur Dadang.

Muscab

Sementara itu, mantan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung, Idjudin mengungkapkan, Pramuka Kabupaten Bandung sudah melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) XV, akhir pekan lalu. Muscab diikuti 250 peserta yang merupakan utusan dari berbagai ranting di wilayah Kabupaten Bandung.

"Muscab dilakukan dalam rangka mempertanggungjawabkan kepengurusan Kwarcab 2007-2012 dan memilih ketua serta menyusun rancangan kepengurusan untuk masa bhakti 2012-2017," jelas Idjudin.

Hasil Muscab tersebut, secara aklamasi telah menetapkan Dadang M. Naser sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Bandung periode 2012-2017. Pada periode sebelumnya Dadang menduduki jabatan wakil ketua yang membidangi sarana dan prasarana. Selain memilih Dadang sebagai ketua, Muscab juga menetapkan lima orang formartur untuk menyusun kepengurusan Mabicab dan Kwartir Ranting.

Rangkaian Muscab diisi dengan penyerahan piagam penghargaan berupa Tunggul Tergiat Utama, Madya, dan Purwa Kabupaten Bandung Masa Bakti 2007-2012, yang untuk kategori wilayah antara lain diberikan pada Wilayah I yang meliputi Kec. Soreang, Margahayu dan Rancabali. Wilayah II meliputi Kec. Cikancung, Cimenyan, dan Bojongsoang. Wilayah III Kec. Ciparay, Solokanjeruk, dan Majalaya. Wilayah IV meliputi Kec. Cimaung, Pangalengan, dan Arjasari.

"Piagam ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas dukungan serta partisipasi para camat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) di tingkat kecamatan terhadap kegiatan kepramukaan di wilayahnya," ungkap Idjudin. (B.104)**

Galamdia Kamis, 19 Januari 2012

Artikel yang Berkaitan

1 komentar:

Sudah jelas banyak sekali perbedaan antara pemuda yang ikut Pramuka dan yang tidak, perbedaan antara pejabat yang ikut pramuka dan tidak. Tp kenapa masih banyak yang meragukan Pramuka, padahal Pramuka adalah satu2nya organisasi yang netral dalam bidang apapun...

-

Post a Comment