-

Thursday, February 23, 2012

Jatiluhur Oke Banget

TERLETAK sekitar 9 km dari Kota Purwakarta, objek wisata Jatiluhur yang terkenal dengan nama Bendungan Ir. H. Juanda, memiliki panorama danau dengan luas 8.300 ha. Bendungan ini mulai dibangun tahun 1957 dan mampu menampung tidak kurang dari 3 miliar kubik air Sungai Citarum. Waduk Jatiluhur juga merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia.

Di Bendungan Ir. H. Juanda, terpasang 6 unit turbin dengan daya 187 mw dan produksi tenaga listrik rata-rata 1.000 juta kwh setiap tahun. Selain itu, Jatiluhur juga memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun), air baku air minum, budi daya perikanan, dan pengendali banjir.

Selain berfungsi sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai. Sebut saja hotel dan bungalow, bar dan restoran, lapangan tenis, biliar, perkemahan, kolam renang, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground dan fasilitas lainnya. Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating dan lainnya.

Di perairan Danau Jatiluhur ini, juga terdapat budi daya ikan keramba jaring apung, sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Di waktu siang atau dalam keheningan malam, pengunjung dapat memancing dengan penuh ketenangan sambil menikmati ikan bakar.

Di kawasan ini terdapat pula Stasiun Satelit Bumi, yang dikelola PT Indosat, sebagai alat komunikasi internasional. Jenis layanan yang disediakan antara lain international toll free service (ITFS), Indosat Calling Card (ICC), international direct, dan lainnya.

Bagi wisatawan remaja, tersedia pondok remaja serta lahan yang cukup luas untuk kegiatan outbond dan perkemahan di perbukitan dengan banyak pohon peneduh. Khusus untuk educational tourism, yang ingin mengetahui seluk beluk waduk ini, Perum Jasa Tirta II menyediakan tenaga ahlinya.

Sejak dulu Jatiluhur sudah dikenal sebagai salah satu tempat wisata memancing. Begitu pula dengan mereka yang ingin menikmati kolam renang untuk bersantai ria bersama keluarga, di kawasan ini tersedia kolam renang tapi tentunya dengan membeli karcis terlebih dulu.

Objek wisata ini banyak dikunjungi bukan hanya wisatawan dari Purwakarta, melainkan pula dari luar kota bahkan luar provinsi. Sebab itu bagi yang belum pernah ke sini, tak tak ada salahnya untuk mencobanya, dijamin pasti akan puas.

Bagi wisatawan yang ingin mengelilingi bendungan, sudah tersedia jasa pengantar memakai perahu mesin. Mengenai harga, bervariasi jadi sangat tergantung negosiasi dengan pemilik perahu. Menarik bukan.

Apalagi jarak tempuhnya terhitung cukup singkat. Yaitu hanya 6 km dari pintu gerbang Tol Jatiluhur/Ciganea atau jarak tempuh sekitar 40 menit dari Bandung, dan 1,5 jam dari pintu Tol Pondok Gede Jakarta. Akses ke kawasan wisata Jatiluhur sangat mudah dikunjungi, dan yang paling penting adalah bebas dari kemacetan. So, kapan ke Jatiluhur?
sabtu, 18 februari 2012 Galamedia (efrie ch./"GM")**

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment