-

Tuesday, September 18, 2012

Target Wisatawan Meningkat dan Lebih Lama di Bandung

BANDUNG, (PRLM).- Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung tahun 2012 ini ditargetkan bertambah menjadi 10 juta jiwa. Target ini jauh melampaui realisasi tahun lalu yang mencapai 6,7 juta wisatawan.

Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda mengatakan, selain kuantitas wisatawan, lamanya tinggal (living stay) bagi wisatawan juga diharapkan bisa bertambah. "Semakin mereka tinggal lebih lama, semakin bisa meningkatkan pendapatan bagi Kota Bandung," kata Ayi, ketika ditemui usai pelantikan Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) se-Kota Bandung di Plaza Balai Kota Bandung, Rabu (12/9/12).

Ayi mengaku optimistis dengan pencapaian target wisatawan tersebut, karena jumlah destinasi wisata di Kota Bandung yang semakin beragam. Meskipun ia mengakui, kondisi infrastruktur di Kota Bandung belum cukup menunjang hal tersebut.

"Untuk infrastruktur kami tingkatkan secara bertahap, karena kenyamanan berwisata juga tidak lepas dari kondisi infrastruktur yang ada di sebuah kota," ucap Ayi.

Dia mencontohkan, destinasi wisata yang bertambah tahun ini di Kota Bandung misalnya seperti kampung-kampung wisata di kawasan Cicadas dan Dago Pojok. "Selain wisata kuliner, belanja, juga banyak tujuan wisata perkotaan yang mungkin menarik minat wisatawan untuk datang," ucapnya.

Jumlah kunjungan wisata yang meningkat, dikatakan Ayi, akan turut mendongkrak tingkat hunian hotel. Saat ini di Kota Bandung terdapat 285 hotel dengan 12.962 kamar. Selain itu juga terdapat 451 restoran, 175 biro perjalanan, 367 unit hiburan lingkungan seni dan tur budaya, 25 unit galeri, dan 9 bioskop.
Pikiran rakyat
Rabu, 12/09/2012 - 18:58

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment