-

Thursday, January 08, 2015

Tips Wisata Sekitar Alun-alun Bandung

Ada sejumlah lokasi wisata sejarah, religi, dan kuliner di sekitar kawasan Alun-alun Kota Bandung dan sekitarnya. Berikut tips dari "PR" Online.
Setidaknya ada sejumlah lokasi wisata sejarah dan religi di sekitar Jln. Asia-Afrika hingga Alun-alun Kota Bandung, yaitu gedung-gedung eks kolonial yang berjajar di sisi kiri dan kanan jalan, seperti Gedung Merdeka atau Konferensi Asia-Afrika (dahulu bernama Societeit Concordia) yang juga memiliki museum.
Lalu ada bangunan Hotel Preanger dan Hotel Savoy Homann, Gedung PLN, PT Perkebunan, Kantor Pos, dan Gedung Kantor Pusat HU "Pikiran Rakyat", dan patok 0 km di depan Kantor Bina Marga Provinsi Jabar yang menjadi permintaan Gubernur Jenderal saat itu, Herman Willem Daendels, untuk memindahkan ibu kota kab bandung dari selatan ke sekitar tempat dia mengetukkan tongkatnya.
Sedikit ke arah Utara dari Jln Asia Afrika adalah eks LP Banceuy yang kini menyisakan satu sel yang pernah dihuni mantan Presiden IR Soekarno, dan juga satu menara jaga.
Sementara di selatan adalah bangunan eks bioskop Capitol dan Pendopo Kota Bandung.
Wisata religi adalah Masjid Agung yang kini disebut Masjid Raya Bandung. Selain itu, hamparan taman di areal Alun-alun depan Masjid kini menjadi satu tujuan wisata dengan rumput sintetis dan sejumlah alat permainan bagi anak-anak.
Untuk wisata kuliner, aneka jenis makanan bisa ditemui di penggalan jalan Asia Afrika yang dahulu adalah Jalan Raya Pos. Mulai dari bubur, sate, mie baso, sekoteng, tahu gejrot, hingga makanan laut bisa ditemukan.
Mulai dari ujung Jalan Asia-Afrika, selepas Simpang Lima ada warung tenda yang menyajikan sate dan gule, dekat eks Gedung Singer. Lalu di depan kantor "PR" ada pilihan menu bubur, sekoteng, mi baso, nasi goreng.
Beringsut ke sektiar Gedung Merdeka, sejumlah pedagang tahu gejrot dengan pikulan khas siap memanjakan lidah. Sedangkan ke utara sedikti ada warung nasi rames Ceu Mar dengan aneka pilihan menu 'self service' alias nyandak nyalira teras mayar.
Berjalan beberapa meter ke barat, di sepanjang depan eks Kantor PT Perkebunan, Jln. CIkapundung Barat, adalah jejeran warung tenda yang menyajikan aneka makanan laut (sea food), nasi dan mi goreng/rebus, hingga aneka soto, sate, dan gule. Selamat berwisata. (Dikdo M.)***

Sumber pikiran-rakyat.com

Artikel yang Berkaitan

1 komentar:

mantap kang emil..............!!!! bandung juara.

-

Post a Comment