-

Saturday, January 23, 2016

Ilmu Pisang Sebuah ilmu yang akan meruntuhkan dominasi Ilmu Padi

Kawan , pernahkah anda berhenti disebuah toko buku ?
tertarik pada salah satu buku dengan judul yang tidak menarik , umumnya suatu nama barang dan nama orang yang asing .. sama sekali tak menarik !
Namun rasanya aneh , impuls syaraf seolah tersihir dan tanpa sadar kita buka tiap lembaran buku itu , dan ajaibnya pandangan ini seolah tak dapat lepas dari lembaran lembaran itu , lembaran indah yang dihiasi gambar gambar rongsokan atau coretan ceker hayam(?) rongsokan dan coretan ceker hayam (?) itu lalu disusun sedemikian rupa hingga menjadi sesuatu yang "HEBAT !" "WAH" atau kadang kita hanya bergumam .. "Oh gitu doang .."

Memang cuman reaksi "HEBAT!" "WAH" atau "Oh gitu doang .." yang umum dari kita , namun tak sadarkah kita ? kadang isi buku itu begitu mengusik , kadang hadir sebagai mimpi buruk dan terkadang mengunci fokus pikiran kita , walau seringnya "Hebat!" WAH" atau "oh gitu doang .." hanya numpang lewat , ngopi bentar lalu pergi berlalu begitu saja dengan angkot impian tujuan Duit - Hidup Enak PP.

Beberapa orang yang beruntung untuk memiliki mimpi seperti itu kadang malah terlalu banyak bertanya
"Wah ! hari gini mah dapet hak paten susah .. sandal aja ada yang bisa bikin orang sehat terus (inget iklan sendal kesehatan k*z*i) .. sekarang si gue mau bikin apaan lagi ??"
Padahal .. Andaikan kita mau sedikit membuka mata dan pikiran kita .. Alam ini masih menyimpan banyak ilmu yang terus menerus memanggil kita .. Andaikan kita mau sedikit saja memahami alam .. Tentulah menelurkan sebuah pemikiran baru itu tak sulit , bagi saya dan kita semua .. Tak ubahnya Ilmu ini yang diturunkan Allah SWT melalui sebuah pohon pisang kepada seorang "bocah" . Sebuah ilmu yang siap meruntuhkan dominasi ilmu padi , mungkin tak dapat dibandingkan dengan ilmu E=mc kuadrat karya einstein ..Tapi ini tetap sebuah ilmu , ilmu baru .. atau paling tidak begitulah yang saya tau ..

Mulailah dengan memahami alam
Memahami alam selalu mengasyikkan , bahkan keasyikkan itu tak lantas berkurang ketika apa yang kita coba pahami hanyalah sepetak tanah yang tak jauh dari rumah nenek yang isinya hanya rumput liar dan beberapa tumbuhan pisang ..
Kemanapun mata ini memandang selalu ada hal baru yang disajikan alam , tak perlu waktu lama hingga beban pikiran ini sirna dibuai keindahan alam ciptaan-Nya .

Begitupun bagi seorang "bocah" yang kala itu sedang asyik sendiri .. memandangi beberapa pohon pisang yang tumbuh lebat di depannya , beberapa pohon itu sudah tak elok lagi rupanya , ada yang telah mati dimakan usia , ada yang berbuah lebat namun dirusak oleh segerombolan hewan , ada juga yang batangnya dipotong dan tak kentara daun.n .. beberapa lagi teronggok saja disana meski elok tapi pohon pisang tetaplah pohon pisang selalu saja "sederhana" .. daunnya dari dulu begitu , tak pernah terurai lurus keatas .. selalu saja merunduk kebawah dan tersayat sayat .. " -selalu "sederhana" dan tak pernah menunggu tumpukan "isi" hingga "dia" harus merunduk .. inilah Ilmu Pisang yang akan meruntuhkan dominasi Ilmu padi "

Tak hanya itu saja , tak lama setelah "bocah" itu mengamati lebih jauh , senyum kecil perlahan tumbuh diwajahnya .. Sebuah jawaban yang dititipkan pada sebatang pohon itu kini telah berhasil ia temukan .. Pohon pisang itu lagi lagi mengajarkan hal baru
" -sebuah pohon pisang akan selalu tumbuh walau ditebas berkali kali , sebuah pohon pisang akan selalu mendaki ke atas dan takkan pernah berhenti hingga usaha.n itu dapat berbuah " Beberapa saat "bocah" itu tertegun .. diajari sebuah pohon .. tak pernah dia bayangkan dalam hidupnya .. perlahan dia melangkah menghampiri sebatang pohon pisang yang telah berbunga , berbuah lebat dan manis rasanya ..

Dia petik buahnya dan dia gigit perlahan , daging buahnya lembut dan manis , bijinya kecill dan tidak pahit rasanya , begitupun kulitnya kulitnya tak pernah membuat repot alam .. mudah sekali terurai , namun kali ini "bocah" itu meneteskan air mata .. "terharu" begitulah keadaan.n "-Buah yang manis dan lebat itu tak pernah dinikmati oleh pohon pisang walau secuil pun , buah itu bukan tumpukan "hartanya" yang kemudian hari akan dia ambil untuk mengenyangkan perutnya .. segera setelah pohon pisang berbunga dan berbuah .. dia akan makin merunduk hingga daun.n menyentuh tanah .. pohon pisang itu tak lagi hidup , namun akhir hidupnya tak pernah sia-sia selalu ada hal baru yang dihasilkannya dan manfaatnya begitu luar biasa bagi lingkungan sekitarnya" Tangis sang bocah mulai berhenti , kali senyum yang lebar menghiasi bibirnya .. bahkan sebuah tunas mengajarkan.n hal yang luar biasa " -Pohon pisang yang mati akan melahirkan banyak tunas baru yang akan selalu mewarisi semangatnya , walau tunas itu tak pernah didampingi induknya namun tunas itu tak pernah berhenti tumbuh selalu bersemangat dalam berusaha , dan ketika usaha.n telah berbuah nanti , buah itu dianugerahkan pada alam , tanpa ia nikmati secuil pun" .

Inilah Ilmu Pisang ... Sebuah ilmu yang akan meruntuhkan dominasi Ilmu Padi
sumber :Note FB mang-bro
Buzz It

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.