-

Friday, February 05, 2016

Wajah Baru Maribaya Lembang Bandung

Pintu Masuk Maribaya

Setelah sekian lama tempat wisata air terjun dan pemandian air panas Maribaya Lembang Bandung direnovasi dan di tutup untuk pengunjung, akhirnya pada akhir bulan Juli tahun 2015 objek wisata Maribaya di Lembang dibuka kembali untuk umum dengan konsep baru yaitu Maribaya Natural Hot Spring Resort, inilah wajah baru wisata air terjun Maribaya Lembang Bandung.
Meskipun proyek pembangunannya masih berjalan, namun beberapa fasilitas dan spot menarik sudah siap untuk digunakan dan dinikmati pengunjung. Memang ada beberapa kesan yang berbeda saat mengunjungi tempat wisata Maribaya Lembang saat belum di renovasi dengan saat ini setelah melalui proses renovasi, beberapa hal yang mencolok adalah dibangunnya beberapa fasilitas baru seperti food court dan cafe. Objek wisata Maribaya Lembang kini terlihat lebih modern dan lebih nyaman dengan beberapa fasilitas baru.
Dengan luas area sekitar 6 Ha, tempat wisata Maribaya Lembang menyajikan suasana hutan yang masih asri, di sekeliling masih terlihat pohon-pohon besar yang berdiri menjulang, bahkan kita masih bisa mendengar bunyi “tongeret”. Salah satu ciri khas Maribaya sejak dulu adalah adanya curug atau air terjun, di sini kita dapat menyaksikan dari dekat Curug Cigulung dan Curug Cikawari, meskipun saat kami mengunjungi tempat ini masih terlihat beberapa sampah pada salah satu curugnya, inilah salah satu pekerjaan rumah yang harus di selesaikan oleh pengelola.
Tempat wisata Maribaya Lembang terletak di bagian timur Lembang, sekitar 5 KM dari Pasar Lembang dan sekitar 20-25 KM dari Kota Bandung. Untuk menuju ke tempat wisata Maribaya di Lembang ini kita dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, di lokasi terdapat fasilitas parkir yang cukup memadai, akses dari Kota Bandung bisa melalui Jl. Dr. Setiabudhi – Ledeng – Lembang atau juga dapat melalui Jl. Ir. H Juanda – Dago giri – Cikidang Lembang. Di sepanjang jalan menuju objek wisata maribaya kita juga akan melewati beberapa objek wisata lain seperti De Ranch, Kebun Bunga Begonia, Rumah Bunga Rizal serta Taman Hutan Raya Juanda Gerbang Lembang.
Tempat parkir objek wisata Maribaya Lembang lokasinya terpisah berada di seberang jalan, selanjutnya pengunjung akan di antar dengan sebuah mobil khas menuju lokasi Maribaya.
Untuk memasuki objek wisata Maribaya pengunjung diharuskan untuk membelitiket sebesar Rp. 35.000,-/orang setelah melalui gerbang utama yang disebut dengan Gerbang Eyang Raksa, pengunjung dapat beristirahat atau nongkrong di bagian atas gerbang ini ataupun bisa ngopi-ngopi di food court depan, setelah melewati sebuah jembatan pengunjung dapat melihat sebuah diorama yang menceritakan mengenai legenda maribaya. Tidak jauh dari Diorama ini pengunjung yang membawa anak-anak dapat langsung bermain mancing di kolam pancing Talaga Giri.
Diorama legenda Maribaya

Di beberapa spot terlihat kursi-kursi taman yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat, melanjutkan perjalanan kita akan menemukan kolam rendam Tirta Wening di sini juga terdapat fasilitas foot spa, pengunjung yang ingin menikmati foot spa harus membeli tiket sebesar Rp. 30.000,- sementara Donut Ball Rp. 15.000,- per 15 menit.

foot spa maribaya bandung
Melanjutkan perjalanan kita akan menjumpai sebuah jembatan yang cukup panjang yang disebut dengan Tapak Halimun, jembatan ini akan menghubungkan kita dengan fasilitas Bale Pinton, yaitu semacam sebuah area untuk pertunjukan. Di dekat Bale Pinton anak-anak dapat bermain di area bermain anak Kids Adventurland.

Salah satu air terjun di Maribaya Lembang

Dari Bale Pinton kita dapat melanjutkan perjalanan menuju air terjun, disini kita dapat menikmati pemandangan air terjun, selanjutnya pengunjung dapat beristirahat sambil menikmati sajian makanan di Twig Cafe, bagi pengunjung yang ingin berendam di air panas dapat menuju ke Tirta Sawarna yang tidak jauh dari Twig Cafe.

Restoran Maribaya Lembang

Pada beberapa spot masih dapat dijumpai beberapa ciri khas maribaya tempo dulu seperti relief batu berikut ini.

JAM BUKA DAN TUTUP MARIBAYA LEMBANG

Untuk saat ini (update 12 November 2015) objek wisata Maribaya Lembang hanya buka pada:
Hari Jum’at, Sabtu dan Minggu jam 08.00 s/d jam 20.00
Hari libur nasional jam 08.00 s/d jam 20.00
Sementara hari senin-jum’at tutup.
HARGA TIKET MASUK MARIBAYA LEMBANG

Tiket Masuk Rp. 35.000,-
Foot SPA Rp. 30.000,-
Deluxe Pool Rp. 75.000,-
VIP Pool Rp. 150.000,-
Tiket berlaku bagi usia 3 tahun ke atas, jadi bagi anda yang membawa anak-anak usia 3 tahun atau lebih dikenakan tarif yang sama.
FASILITAS DI MARIBAYA LEMBANG

Food Court Langlang Buana
Kolam tangkap ikan Talaga Giri
Kolam pancing talaga giri
Area barbeque Saung Iteung
Kolam ikan air dingin
Kolam rendam kaki air panas
Kolam rendam air panas alam
Twig cafe dengan kapasitas 250 orang
Yoga hill swargaloka
Kolam rendam VIP Tirta Sawarna
Kamar rendam Tirta Raga
Amphitheatre Bale Pinton
Sky Bridge di area Bale Pinton
Area bermain anak
Kios sayur dan buah
Parkir
Toilet
Mushola
MAKANAN DAN MINUMAN DI MARIBAYA LEMBANG

Berbagai menu makanan dan minuman tersedia di food court maupun cafe di lokasi Maribaya Lembang, untuk paket masakan Indonesia anda dapat memlilih menu seperti gado-gado, soto ayam, ikan goreng, coto makasar, soto madura, garang asam, lodeh, soto betawi dan masih banyak lagi pilihan menu lainnya, untuk harga paketnya mulai dari Rp. 55.000,-/pax (update 12 september 2015).
ALAMAT MARIBAYA LEMBANG

Jl. Maribaya No. 105/212 Lembang Bandung Barat
Secara umum lokasi wisata maribaya Lembang kini menjadi lebih menarik dengan penataan yang lebih rapi dan modern, jadi tidak ada salahnya jika berkunjung ke Lembang Bandung Barat anda menyempatkan diri untuk berlibur di objek wisata air terjun dan pemandian air panas Maribaya Lembang.
Buzz It

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.