-

Tuesday, June 16, 2015

Seni tradisi adalah simbol identitas suatu daerah

Seni pertunjukan tradisi meskipun sudah dipertunjukkan secara komersial, tetapi belum optimal dipadukan dengan program paket pariwisata budaya. Padahal, keunikan pertunjukan seni tersebut, merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Seni pertunjukkan tradisi selain menjadi aset budaya, juga menjadi simbol serta identitas suatu daerah. Sayangnya jenis seni yang potensial ini keberadaannya semakin terjepit oleh kehadiran seni populer, karenanya berangsur-angsur ditinggalkan penggemarnya," ungkap Kepala
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Drs. Nunung Sobari MM pada penutupan pelatihan Peningkatan Kompetensi Tata Pentas Seni Pertunjukkan di Purwakarta, Jumat (5/6/2015).

Nunung berharap, pengembangan SDM kesenian yang merupakan aset terpenting dari sebuah produk seni, harus mendapat perhatian serius. Karenanya secara terus menerus dilakukan berbagai jenis pelatihan baik untuk pelaku seni terutama pengelola Sanggar Seni.

“Pengembangan kompetensi Tata Pentas Seni Pertunjukan, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi para pengelola sanggar seni sehingga dapat menampilkan karya seninya sebagai atraksi budaya yang selalu dibanggakan masyarakatnya sekaligus sebagai sentral pewarisan budaya,” ujarnya.

Nunung menambahkan, kegiatan peningkatan kompetensi yang diselenggarakan kali ini dapat membawa manfaat dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi seni yang bermutu serta mencerminkan identitas budaya lokal.

”Seni tradisi yang pada hakikatnya merupakan representasi dari kebudayaan luhur, sejak dulu telah menjadi media pendidikan yang ampuh dalam membentuk karakter masyarakatnya. Di Jawa Barat hampir dalam semua seni pertunjukan tradisi, memiliki kontribusi penting dalam mencerahkan karakter masyarakatnya. Seni tradisi menjadi salah satu alternatif sebagai pondasi karakter bangsa serta menjadi filter terhadap dampak negatif dalam menghadapi arus globalisasi saat ini.Mengapa demikian ? karena dalam seni mengandung berbagai makna-makna atau nilai-nilai kehidupan sosio-kultural-religius masyarakat,” ungkapnya.

Tradisi merupakan akar perkembangan kebudayaan yang memberi ciri khas identitas atau kepribadian suatu bangsa, seni tradisi menyediakan bahan baku yang melimpah. Di Jawa Barat pada umumnya para seniman tidak membiarkan kesenian tradisi menjadi beku, dan untuk itu setiap generasi terus berusaha untuk melakukan inovasi terhadap kesenian tradisi yang mereka miliki.
Kiki Kurnia
Sumber : galamedianews.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment