-

Saturday, July 09, 2011

80 M Tawarkan Desain Jembatan Siliwangi Tiger Cross

Bandung - 80 M, salah satu kelompok peserta sayembara desain Jembatan Siliwangi menawarkan hal unik dalam karyanya. Salah satu keunikan yang ingin ditonjolkan adalah adanya zebra cross yang diplesetkan jadi tiger cross.

Tiger cross yang dimaksud adalah motif loreng di Jembatan Siliwangi yakni di bagian jalan raya. Hal itu sebagai perwujudan maung alias macan yang identik dengan Bandung dan Jabar.

"Kami ingin menawarkan sesuatu yang beda. Di mana zebra cross kita ganti dengan tiger cross," ujar Ketua 80 M Angga Rosiawan (25) di Balai Kota Bandung usai pemaparan karyanya, Jumat (8/7/2011).

Konsep yang ditawarkan, seperti layaknya zebra cross, jalan dicat. Namun, cat yang dipakai rencananya ialah motif loreng hitam-kuning seperti warna macan.

"Kita ingin kesannya yang lewat jembatan itu serasa menunggangi maung. Karena maung itu kan penjaga lingkungan sekitar," tuturnya.

Dalam perencanaannya, cat untuk tiger cross berbahan karet seperti yang dipakai untuk RHK (ruang henti khusus) di Jalan Pasteur dan Jalan RE Martadinata.

Selain itu, ia juga ingin membangun jalan khusus bagi pejalan kaki di samping jembatan dengan bentuk setengah lingkaran lengkap dengan pencahayaan.

"Ada juga taman bermain, pemancingan, dermaga, dan lain-lain," ungkap Angga.

Budjet yang dibutuhkan untuk membangun jembatan dan penataan lingkungan di lokasi adalah sekitar Rp 1,9 miliar.

Disinggung optimismenya memenangkan sayembara, Angga merendah. "Saya ikut ini enggak ada target harus menang karena baru kali in saya bikin desain jembatan. Cuma pengen ngasih sumbangan ide saja buat Bandung," kata Angga yang sudah dua tahun bekerja di Bandung sebagai arsitek.

Di kelompoknya, Angga dibantu dua rekannya. Sementara pengerjaan desain dilakukan dalam waktu seminggu. "Itu juga enggak rutin tiap hari bikinnya, pas ada waktu luang saja," pungkas Angga.

(ors/ern)
sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment