-

Monday, June 20, 2011

Tarian Rakyat Ketuk Tilu

Dikalangan rakyat pada waktu itu dikenal ketuk Tilu yang dalam sejarahnya kesenian yang berfungsi sebagai upacara menyambut panen padi sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Dewi Sri ( dewi padi ) upacara dilakukan pada malam hari yang mengarak seorang gadis sebagai lambang dewi sri dengan diiringi bunyi-bunyian dan arak-arakan sampai pada suatu tempat biasanya di lapangan / tempat yang luas dimana gadis akan duduk di bambu dekat oncor ( lampu minyak tanah). Ketuk Tilu merupakan perkembangan dari skanisme yang pada masa itu masyarakat menganut paham animisme dan dinamisme. Nama ketuk tilu diambil dari alat musik  pengiringnya yaitu 3 buah ketuk ( bonang ) sebagai pemberi pola irama rebab sebagai memainkan lagu , kendang indung ( besar ) dan kulanter ( kecil ) untuk mengatur dinamika tari/ kendang yang didampingi kecrek sebagai pengiring irama dan gong pemberi batas - batas kalimat lagu.dalam perkembangannya tarian tersebut menjadi tarian pergaulan di mana pria dan wanita menari berpasangan  dimana penari wanita disebut ronggeng.
    Bentuk pertunjukan ketuk tilu terdapat beberapa jenis tarian yang sesuai dengan lagu pengiringnya penyajian tarian tersebut diawali dengan Tatalu arang-arang fungsinya untuk membuka dan menutup peralihan lagu dan istirahat, tatalu berfungsi juga sebagai pengumpul penonton / tanggara bahwa ada pertunjukan ketuk tilu selanjutnya ronggeng memasuki arena panggung dengan mengawali gerak jajangkungan kemudian wawayangan dimana ronggeng menyanyi dan menari , dengan munculnya ronggeng lulugu kemudian diikuti oleh ronggeng pangberep sebagai primadonanya sebelum nya diperdengarkan lagu kidung kembang gadung lagu tersebut sebagai persembahan untuk karuhun agar kita diberi keselamatan dalam pertunjukan tersebut . Sebelum menari ( laki dan wanita) bersama biasanya diawali dengan ibing tunggal / ibing jago terdiri dari 3 lagu diantaranya lagu Cikeruhan , Cijagran, dan mamang. di daerah kaleran disebut ewag . mengahiri tarian pamogoran dengan tari oray- orayan dan diiringi lagu ucing- ucingan.
    Gerak tari ketuk tilu diantaranya goyang , pencak, muncid, gitek dan geol ditambah dengan gerak sehari-hari (spontanitas) , cingeus . nama gerak ketuk tilu antara lain depog/ ewag, ban karet, bajing luncat, bongbang, meulit kacang , oray -orayan, kalawit , jerete, torondol, balik bandung, balungbang, dll. lagu-lagu yang digunakan adalah lagu kidung, erang, kagok, kaji-kaji, polontosmo, golektrak, tunggul kawung, sorong dll. Kostum yang dipakai menggunakan kebaya / apok, sinanjang sabuk dan asesoris seperti gelang dan kalung warna pakaian biasanya yang mencolok . Untuk laki- laki baju kampret, celana pangsi , ikat kepala , sabuk kulit , golok sebagai lambang kejantanan biasanya para jawara memakai gelang bahar dan warna baju gelap.

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment