-

Sunday, June 19, 2011

Kesenian Tari Jaipongan

Kemunculan tari jaipongan 1980 an yang lahir dari kekreatifitasan para seniman Bandung yang dikenal dengan Gugum Gumbira , pada awalnya tarian tersebut pengembangan dari ketuk tilu apabila dilihat dari perkembangannya dan dasar koreografernya. Kata jaipong bersal dari masyarakat Karawang  yang bersal dari bunyi kendang sebagai iringan tari rakyat yang menurut mereka berbunyi jaipong yang secara onomotofe . tepak kendang tersebut sebagai iringan tari pergaulan dalam kesenian banjidoran yang berasal dari Subang dan Karawang yang akhirnya menjadi populer dengan istilah jaipongan.
    Karya jaipongan pertama yang diciptakan oleh Gugum Gumbira adalah tari daun pulus keser bojong dan tari Raden Bojong yang berpasangan putra- putri. Tarian tersebut sangat digemari dan populer di seluruh Jawa Barat termasuk Kabupaten Bandung karya lain yang diciptakan oleh Gugum diantaranya toka-toka, setra sari, sonteng, pencug, kuntul mangut, iring-iring daun puring , rawayan, kaum anten dll. juga para penari yang populer diantaranya seperti Iceu Efendi, Yumiati Mandiri, Mimin Mintarsih, Nani, Erna, Mira Tejaningrum, Ine Diar, Asep Safat.
    Daya tarik tarian tersebut bagi kaum muda selain gerak dari tari yang dinamis dan tabuhan kendang membawa mereka untuk menggerakan tubuhnya untuk menari sehingga tari jaipongan sebagai salah satu identitas kesenian Jawa Barat yang oadasetiap tampil pada acara- acara khusus dan besar samapai kenegaraan. Pengaruh tarian jaipongan merambah sampai Jawa Tengan dan Timur , Bali bahkan Sumatra yang dikembangkan para seniman luar Jawa Barat.
    Penari jaipongan terdiri dari Tunggal, rampak / kolosal
a. rampak sejenis
b. Rampak berpasangan
c. Tunggal laki-laki dan tunggal perempuan
d. Berpasangan laki- laki / perempuan

    Karawitan jaipongan terdiri dari karawitan sederhana yang biasa digunakan pertunjukan ketuk tilu yaitu
  1. kendang
  2. ketuk
  3. rebab
  4. goong
  5. kecrek
  6. sinden
    Untuk karawitan lengkap memakai gamelan yang biasa dipakai pada karawitan wayang golek seperti
  1. kendang
  2. sarin I, II
  3. bonang
  4. rincik
  5. demung
  6. rebab
  7. kecrek
  8. sinden
  9. goong
  10. juru alok
  Tata busana tari jaipongan untuk kreasi baru biasanya berbeda dengan busana ketuk tilu untuk yang kreasi  biasanya lebih glamor dengan tetap memakai pola tradisionalseperti sinjang / celana panjang , kebaya / apok yang busananya lebih banyak ornamen sehingga terlihat megah tetapi lebih bebas bergerak . Seiring dengan perkembangan jaman dan tarian tersebut tari jaipongan banyak ditampilkan pada arena terbuka secara kolosal juga tampil di Hotel  berbintang dan penyambutan tamu- tamu asing dari berbagai belahan dunia
Occurrences jaipongan 1980's dance that was born from Bandung kekreatifitasan artists known as Gugum Gumbira, at first the development of tap dance tilu when seen from its development and basic choreographer. Jaipong said bersal of society Falkirk bersal of drums as an accompaniment sound folk dance which they say that it reads jaipong onomotofe. slap drum as accompaniment in the arts banjidoran social dance originating from Subang and Karawang which eventually became popular with the term jaipongan.
The first jaipongan works created by Gugum Gumbira is pulus keser leaves dance and dance Raden Bojong Bojong which pairs children. The dance is very popular and popular throughout West Java, including Bandung regency other works created by such Gugum Toka-Toka, Setra cider, sonteng, pencug, egrets dazed, motorcade procession of croton leaves, rawayan, the anten etc.. also popular among the dancers who like Iceu Efendi, Yumiati Mandiri, Mimin Mintarsih, Nani, Erna, Mira Tejaningrum, Ine Diar, Asep Safat.
The appeal of dance for young people in addition to the dynamic motion of the dance and the beat of drums to bring them to drive her to dance so dance jaipongan as one of the identity of the arts of West Java which oadasetiap appear on special occasions and large samapai state. Jaipongan dance influences penetrated to Middle and East Java, Sumatra, Bali and even the artists who developed outside West Java.

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment