-

Friday, September 02, 2011

Lebaran, Jam Kunjungan di Rutan Kebonwaru Diperpanjang

Bandung - Rumah tahanan (Rutan) Kebonwaru memberikan waktu spesial bagi keluarga yang berniat berkunjung silaturahmi lebaran 2011 terhadap napi dan tahanan. Jam kunjungan di rutan tersebut diperpanjang.

"Waktu kunjungan khusus lebaran ini diperpanjang. Mulai jam delapan pagi hingga empat sore. Biasanya waktu kunjungan itu hanya diberlakukan hingga jam 12 siang," ujar Karutan Kebonwaru Wahid Husein saat dihubungi wartawan via telepoan, Jumat (2/9/2011).

Diperpanjang waktu kunjungan ini, sambung Wahid, berlaku sejak hari pertama lebaran hingga Sabtu (3/9/2011). Namun demikian, bila hingga Senin masih banyak yang berkunjung, pihak rutan siap memberikan toleransi.

"Pengunjung itu kan banyak juga dari luar kota. Di momen hari raya Idul Fitri ini, sudah semestinya kami memberikan kesempatan lebih kepada keluarga napi dan tahanan di tempat ini," paparnya.

Keluarga yang mengunjungi nantinya bisa mengobrol dan bersilaturahmi di area yang sudah disediakan. Pihak rutan melihat situasi untuk batas waktu pertemuan itu. Kalau di hari biasa, jam besuk diberlakukan 15 menit.

"Kami manusiawi saja. Batas waktu untuk bertemu tidak kami atur untuk lebaran ini. Tapi lihat kondisi dan situasi, kalau ternyata banyak pengunjung, maka perlu dipercepat agar tidak antre," ucap Wahid.

Sejak hari pertama lebaran, tutur Wahid, rata-rata 200 napi dan tahanan dikunjungi keluarga serta kerabat. Satu keluarga bisa lebih dari dua orang. Para pengunjung diatur sebelum masuk ke dalam rutan dengan cara dibagikan nomor anteran oleh petugas. Di halaman rutan tersedia satu tenda dan deretan kursi lipta yang difungsikan untuk tempat tunggu pengunjung.

Saat ini total napi dan tahanan yang menghuni di Rutan Kebonwaru jumlahnya 1.032 orang.


(bbn/ern)


sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment