-

Thursday, July 07, 2011

Wapres: Seniman adalah Pahlawan, Negara Berkewajiban Berikan Penghormatan

RETNO HY/"PRLM"RETNO HY/"PRLM" Sony Riza Windyagiri menerima penghargaan Anugerah Budaya dari Wakil Presiden Boediono, Rabu (6/7).*

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Presiden Boediono mengharapkan penghargaan terhadap seniman dan budayawan bukan hanya diberikan oleh pemerintah tetapi juga masyarakat. Penghargaan yang diberikan dapat berupa apresiasi dan turut memajukan serta menjaga kelestarian keberadaan kesenian.

“Selama ini penghargaan yang diberikan kepada para seniman ataupun budayawan selalu identik dengan yang diberikan oleh pemerintah. Padahal masyarakat juga dapat memberikan penghargaan kepada seniman ataupun budayawan,” ujar Boediono dalam sambutanya saat menyerahkan Penghargaan Budaya kepada enam maestro seni dan Anugerah Kebudayaan kepada empat puluh dua seniman, Rabu (6/9) bertempat di Kantor Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata, Jalan Medan Merdeka Barat 17 Jakarta.

Dikatakan Boediono, penghargaan (Anugerah Kebudayaan) merupakan ungkapan rasa terima kasih negara atas pengabdian mereka terhadap bangsa Indonesia. "Negara punya kewajiban memberikan penghormatan, mereka (seniman) adalah pahlawan" ujar Boediono.

Menurut Boediono, bangsa yang besar merupakan bangsa yang menghargai para pahlawannya. Bangsa yang berbudaya tinggi adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa budayawannya,"Pahlawan bukan hanya yang berjuangdalam mempertahankan kemerdekaan RI saja, tetapi juga para tokoh yang telah berjasa dalam bidang kebudayaan, pendidikan, pembangunan dan lainnya,” ujar Boediono.

Sementara Anugerah Kebudayaan khusus untuk Maestro Seman diberikan kepada, Bing Leiwakabessy (89) seniman musik Hawaian dari Maluku, Katija (75) seniman musik Gong asal Sulawesi Tengah, Peder (84) seniman ukirt dari Kalimantan Barat, Dariah (83) seniman tari Lengger dari Jawa Tengah, Jero Puspawati (78) seniman tari Opera Arja dari Bali, dan Tentrem Sarwanto (69) pengrajin gamelan Gong Ageng dari Jawa Tengah.

Dari Jawa Barat, seniman yang menerima Penghargaan Anugerah Kebudayaan, adalah, Asep Sunandar Sunarya (Dalang Wayang Golek), Rachmat Hidayat (Aktor dan Sineas), Buang Jawadi (Gamelan Gong Sibolong) dan Sony Riza Windyagiri (Tembang Sunda), yang menerima penghargaan bersama 44 orang seniman lainnya dari seluruh Indonesia. (A-87/das)***


sumber : www.pikiran-rakyat.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment