-

Tuesday, June 28, 2011

Kadishub: Kalau Bisa Ada 40 Titik Parkir Robot Pada 2012

Bandung - Kadishub Kota Bandung Prijo Soebiandono menyatakan pembangunan gedung dengan sistem parkir robot lebih efisien ketimbang gedung parkir biasa. Makanya, ia menginginkan ada 40 titik parkir robot di Bandung pada 2012 mendatang.

Parkir robot sendiri merupakan suatu sistem di mana pengendara tinggal memasukkan kendaraannya ke gedung parkir. Sementara, nantinya mobil akan diparkirkan otomatis ke tempat yang sudah disediakan. Meski dimasukkan di lantai satu, nantinya kendaraan bisa parkir di lantai teratas tanpa pengendara harus bersusah payah memarkirkan kendaraannya.

"Untuk luas lahan 800 meter persegi itu butuh Rp 18 miliar atau 1/3 dari pembangunan gedung parkir yang hanya dibeton. Tapi itu tidak termasuk lahan," kata Prijo saat dihubungi detikbandung, Senin (27/6/2011).

Dijelaskannya, gedung parkir robot seluas 800 meter dengan ketinggian 8 lantai mampu menampung 500 mobil. Dengan begitu, Prijo yakin bisa membuat badan jalan di Bandung bebas dari parkir.

"Kita kan enggak bisa nambah jalan. Ini untuk antisipasi makin bertambahnya jumlah kendaraan di Bandung yang begitu pesat, 16 persen tiap tahun penambahannya," ungkapnya.

Prijo mengatakan, saat ini di Bandung ada 1,2 juta mobil. Sementara jalan di Kota Bandung panjangnya hanya 1.200 kilometer. Jalan sepanjang itu pun dulunya dirancang hanya untuk 360 ribu mobil.

"Ini kalau dijejerin semua mobil di jalan, penuh semua jalan di Bandung sama mobil. Makanya kita ingin ada parkir robot agar tidak ada lagi kendaraan yang parkir di badan jalan," jelasnya.

Prijo menambahkan, berdasarkan hasil studi dengan ITB, jarak antara gedung parkir robot yang satu dengan lainnya adalah 170 meter.

"Hasil surveynya, orang Indonesia itu rata-rata hanya mampu berjalan 170 meter, beda dengan orang Jepang yang mencapai 500 meter. Jadi nantinya, satu gedung parkir dengan lainnya jaraknya segitu, sepanjang jalan itu tidak boleh ada kendaraan yang parkir," tandasnya.

(ors/ern)


sumber : bandung.detik.com

Buzz It

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.