-

Tuesday, May 03, 2011

Jelajahi Makanan Fermentasi di 'Fermenstation Reloaded' ITB

Bandung - Makanan fermentasi yang umumnya kita kenal yakni Tahu, Tempe, atau Youghurt. Namun ternyata makanan hasil fermentasi itu beragam. Keanekaragaman makanan fermentasi ini bisa kita lihat di Pameran yang bertajuk 'Fermentations Reloaded' di Aula Timur ITB.

Ada 17 stand yang meyajikan banyak makanan dan minuman hasil fermentasi. Pesertanya yakni Mahasiswa Mikro Biologi 2008 ITB, dan stand-stand undangan seperti Saung Jamur dan Kopi Luwak. Hasil karya mahasiswa ITB Sendiri ada 6 stand, yakni Butter Milk, Tahu Bandung Nato Tauco, Soyhourt, dan Keju.

Menurut Ketua Panitia Fermentation Reloaded Widya Putra, kegiatan ini selain memamerkan hasil karya mahasiswa, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara mengolah poduk fermentasi.

"Tujuannya kita ingin menstandarisasi makanan-makanan fementasi. Di Indonesia banyak makanan fermentasi, kalau kita atur jumlah bakterinya akan menghasilkan tekstur dan rasa yang lebih enak. Kalau tidak terstandarisasi dengan baik, hasilnya akan berbeda-beda," ujar Widya kepada detikbandung saat ditemui di sela-sela pameran, Selasa (3/5/2011).

Yang menarik, siang nanti akan ada Chef Haryo Pranoe yang akan mengolah 6 makanan fermentasi dari stand utama. Menarik bukan? Pameran ini akan berlangsung hingga pukul 17.00 WIB. Pengunjung tidak dipungut biaya, dan bebas mencoba setiap makanan.

Panitia juga meyediakan cukup banyak meja dan kursi untuk kenyamanan pengunjung sambil menikmati makanan hasil fermentasi.

(avi/ern)


sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment