-

Wednesday, June 01, 2011

Jelang Libur Panjang, Tiket KA Ludes

K16-11 Para penumpang KA sedang rebutan akan naik ke KA Stasiun Kota Baru, Malang, Jawa Timur. Jelang lbur panjang, tiket KA Kelas eksekutif sudah ludes, Rabu (1/6/2011). MALANG, - Jelang libur panjang akhir pekan ini, tiket Kereta Api (KA) di Stasiun Kota Baru, Malang, Jawa Timur hingga 5 Juni nanti, sudah ludes terjual.

Lonjakan penumpang, maupun harga tiket untuk kelas eksekutif, naik hingga 40 persen. Menurut Kepala Stasiun Kota Baru, Malang, Jawa Timur, Ali Afandi, Rabu (1/6/2011) tiket ludes untuk kelas eksekutif sudah sejak 2 hari lalu. Namun, untuk kelas ekonomi, tiket masih tersedia hingga 3 Juni nanti. 

Mengantisipasi lonjakan penumpang untuk KA Mataramaja, jurusan Malang-Jakarta, jika hari biasa hanya menggunakan 6 gerbong, saat ini akan ditambah satu gerbong lagi. Sedangkan untuk Malabar, jurusan Malang-Bandung Raya, juga akan ditambah satu gerbong.  Biasanya, KA Malabar hanya menggunakan 7 gerbong.

Sementara itu, harga tiket KA Gajayana dari Rp 310, kini menjadi Rp 350 ribu. KA Malabar, kelas ekonomi tetap Rp 51 ribu. Untuk kelas bisnis KA Malabar, dari 160 ribu menjadi Rp 185 ribu. Untuk KA Malabar kelas eksekutif dari Rp 260 ribu menjadi Rp 285 ribu.

"Yang jelas harga tiket KA eksekutif dan bisnis, naik sekiitar 40 persen. Untuk KA Matarmaja kelas ekonomi, tetap tak ada kenaikan, yakni tetap Rp 51 ribu," katanya, saat ditemui di kantornya.

Selain itu, pihak stasiun juga menyediakan tiket untuk penumpang berdiri. Namun, harga tiketnya tetap sama dengan tiket penumpang yang mendapatkan jatah kursi. "Kalau tempat duduk sudah penuh, kami juga menyediakan tiket berdiri. Tapi harganya tetap sama dengan yang duduk," katanya.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan di atas KA, Ali mengimbau kepada penumpang, agar tidak membeli makanan dan minuman sembarangan, apalagi makanan dan minuman yang dijual oleh orang tak dikenal. "Itu untuk antisipasi adanya kasus pembiusan di atas KA," katanya.

Pihak Kaop 8 Surabaya, jelas Ali, sudah menambah personel keamanan selama di atas KA. "Mulai dari personel keamanan dan security, sudah ditambah 10 orang. Itu terdiri dari TNI, dan pihak keamanan KA sendiri," katanya.

Apa ada penambahan tiket mengingat membludaknya penumpang? Ali menjawab, "Masih mau melihat situasi yang terjadi nantinya. Kalau membutuhkan harus ditambah, kita akan berusaha menambah. tapi yang jelas, tiket KA kelas eksekutif sudah ludes terjual," katanya.
sumber : www.kompas.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment