-

Friday, April 22, 2011

Artist Studio, Ketika Galeri Pindah ke Mal

Bandung - Ruang publik memang jarang digunakan sebagai sebuah sarana edukasi dan seni. Namun saat ini,sebuah perkumpulan yang dinamakan komunitas FindArt pu mencoba 'memindahkan' galeri ke dalam ruang publik, yakni Mal.

"Kalau galeri kan biasa banget, dan selama ini jarang orang yang datang ke galeri, kecuali benar-benar pecinta seni, mahasiswa, atau seniman itu sendiri," ujar Ketua Panitia Artist Studio, M Zico Albaiquni, kepada detikbandung.

Kegiatan yang bertajuk 'Artist Studio' ini akan digelar dibuka Sabtu (23/4/2011) besok hingga 1 Mei 2011.
Artist Studio ini bertujuan untuk memperkenalkan seni sebagai sebua gaya hidup berbudaya melaui ruang publik yang ada, yakni Mal Paris Van Java.

Acara ini terdiri dari beberapa rangkaian, yang pertama adalah Artist Live Works pada tanggal 23-28 April 2011. Di mana pada acara tersebut publik akan menemukan sebuah artist studio dan dapat melihat, berinteraksi, bahkan kolaborasi sekalipun.

"Kita ingin memberikan kesempatan kepada publik untuk beropini, apa itu seni, dan bagaimana membuat seni itu sendiri," ujar Zico.

Sementara pada 24 April 2011 akan diadakan acara Melukis Sekeluarga yang merupakan sebuah ajuan ide mengenai kolaborasi kreasi atara seniman dengan satu keluarga yang mengunjungi mal. Ada juga kegiatan Cerita 11 Pintu.

"Setiap pintu akan diolah menjadi karya seni oleh seniman, komunitas seni dan mahasiswa akademi seni," terang Zico.

Dalam rangkaian kegiatan Artist Studio sendiri masih ada kegiatan lain seperti Workshop Grafis, Performance Art, dan Skatedeck Painting.

"Skatedeck painting ini akan melibatkan seniman yang berkarya melalui media skateboard," katanya.

Sekitar 30 seniman dari berbagai usia dan latar belakang ikut dalam gelaran Artist Studio ini. Semua menampilkan ciri khas masing-masing. Ada keramik, painting,patung, instalasi, dan performance art.

(avi/tya)


sumber : bandung.detik.com

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment