-

Thursday, April 07, 2011

Jembatan Pasupati





Bandung - Jembatan Pasupati memiliki panjang 2,5 kilometer yang menghubungkan Jl Dr Djundjunan (Pasteur)- Jl Surapati. Jembatan ini tentu saja memiliki ruang bawah yang cukup besar, sayangnya baru hanya beberapa titik yang baru disoroti dan diurus oleh pemerintah.
Melalui program pembangunan daerah hijau pemerintah melakukan penanaman tumbuhan disekitar ruang bawah jembatan pasupati. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pemeliharaan terhadap daerah hijau ini kurang terurus.
Banyak tanaman yang mati akibat kekeringan ataupun diinjak oleh orang tidak bertanggung jawab atau tak jarang pula oleh pengamen yang mangkal di daerah tersebut. Sayang banget ya? padahal dana untuk program daerah hijau ini kan tidak sedikit :( Seharusnya kita sebagai warga kota Bandung yang baik mendukung program positif dari pemerintah dong!
Dengan terdapatnya beberapa space kosong di bawah jembatan ini,  saya berpendapat bahwa daerah kosong tersebut akan lebih bermanfaat apabila bukan hanya program daerah hijau saja yang dilaksanakan, tetapi mungkin program Ruang Bermain untuk anak-anak sekitar daerah tersebut dapat terrealisasikan juga. Seperti ruang bawah pasupati di dekat Pasar Balubur yang memiliki lahan cukup besar untuk dibangun Lapangan Sepakbola Mini.
Ide ini tercetus dari penglihatan saya terhadap anak-anak yang berinisiatif bermain bola di daerah tersebut walaupun masih banyak terdapat batu-batu besar dan kerikil sisa dari pembongkaran lahan. Hemm.. coba kalo lahan nganggur ini dapat kita kelola dengan baik , dibikin area olahraga yang layak, atau sekedar taman bermain untuk anak-anak , pasti lebih seru dan bermanfaat daripada hanya menjadi lahan kosong yang masih berantakan dengan bebatuan.

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment