-

Tuesday, April 19, 2011

Mengapa Sheriff Lee Baca Diidolakan Muslim Amerika?

Mengapa Sheriff Lee Baca Diidolakan Muslim Amerika?

REPUBLIKA, LOS ANGELES - Siapa aparat kepolisian yang paling populer di kalangan Muslim Amerika Serikat? Jawabannya pasti Lee Baca, sheriff Los Angeles County, California. Dimanapun dia berada, Muslim akan menyapanya, begitupun sebaliknya.

Dialah yang antara lain memberi masukan untuk merangkul Muslim sebagai bagian dari bangsa Amerika serikat. begitupun saat berbicara tentang isu keamanan nasional, dia senantiasa meminta Muslim agar jangan ditinggalkan.

Pekan lalu, New York Times menguntit dia seharian. Tujuannya, untuk menuliskan reortase tentang bagaimana keseharian sang sheriff idola ini. laporan itu akan diturunkan pekan ini.

Saat berjalan bersama, misalnya, tiba-tiba muncul serombongan gadis berjilbab. Baca menyapanya, begitupula pada gadis itu. "Apakah mereka terlihat seperti teroris untuk Anda?" katanya pada wartawan itu. "Bagi saya tidak. Mereka bukan teroris. Saya tahu seperti apa publik saya."

Saat gelombang kebencian pasca Peristiwa 9/11 dengan cepat melanda AS, Baca mengambil arah yang tidak biasa. Ketika banyak politisi memilih pendekatan  kekuasaan, Baca malah membuka Alquran. Ia menelaah kitab itu, membacanya dari depan ke belakang, dan menghafal beberapa bagiannya.

Beberapa hari setelah serangan teroris, Baca bertemu dengan para pemimpin Muslim lokal, menjanjikan  perlindungan. Menanggapi laporan bahwa pemilik toko Pakistan sedang diganggu, Baca memerintahkan deputinya untuk "memberikan dukungan dan perlindungan penuh."

Empatinya untuk minoritas teraniaya, katanya, tidak berakar pada apapun pengalaman di masa lalunya. meski ia keturunan Amerika Meksiko, ia mengalami kehidupan yang normal seperti anak-anak lain. "Bukan karena latar belakang bagaimana seseorang berbuat kebaikan pada orang lain. Kehidupan memang harus berjalan demikian (saling berbuat baik, red)," katanya.

David Leroy "Lee" Baca  ahir 27 Mei 1942. Baca memegang gelar doktor Administrasi Publik dari University of Southern California.

Baca terpilih dan dilantik menjadi sheriff Los Angeles County pada tanggal 7 Desember 1998. Ia terpilih kembali untuk masa jabatan keempat pada tahun 2010.

Baca menikah dengan Carol. Mereka aktif dalam berbagai organisasi masyarakat, termasuk Los Angeles Chinese American Museum. Mereka diberi penghargaan Historymakers pada tahun 2004 untuk tindakan visioner.


sumber : www.republika.co.id

Artikel yang Berkaitan

0 komentar:

-

Post a Comment